Ini 5 Makanan yang Memiliki Manfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kesehatan157 views

Inionline.id – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu yang mungkin kambuh pada seseorang. Salah satu hal yang berbahaya dari penyakit ini adalah sifatnya yang membunuh secara diam-diam.

Munculnya sifat ini disebabkan karena tekanan darah tinggi tak menunjukkan gejala yang terlihat jelas. Ketika masalah penyakit ini terus dibiarkan dan tak diobati, maka bisa muncul penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengatasi masalah hipertensi ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai perubahan gaya hidup hingga konsumsi obat, semua hal ini bisa kendalikan tekanan darah yang meningkat.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi ini adalah melalui konsumsi makanan tertentu. Cara ini bisa dilakukan secara alami dan cukup mudah dilakukan.

Terdapat sejumlah makanan yang secara alami mampu turunkan tekanan darah tinggi ini. Dilansir dari Daily Health Post, berikut sejumlah makanan yang bisa bantu turunkan tekanan darah tinggi.

Ekstrak Biji Anggur

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak biji anggur bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah delapan minggu. Pada pasien penderita hipertensi, ekstrak biji anggur juga dapat sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut penelitian, jenis kacang-kacangan yang bisa bermanfaat turunkan tekanan darah tinggi ini adalah walnut dan pistachio.

Jus Bit

Jus bit mengandung nitrat diet yang membantu merilekskan pembuluh darah dan membantu melancarkan aliran darah. Hal ini menyebabkan jus bit sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah.

Kismis

Berdasar sebuah penelitian, kismis diketahui bisa bermanfaat dalam menurunkan hipertensi. Konsumsi kismis diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara bertahap dan stabil pada seseorang.

Biji Flax

Selain membantu mengatasi masalah hipertensi, konsumsi biji flax bisa membantu pasien yang mengalami masalah penyempitan arteri. Penelitian menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi 30 gram flaxseed setiap hari selama enam bulan, tekanan darah berhasil menurun.

Sejumlah makanan tersebut bisa kamu konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi hipertensi. Pada Iduladha seperti sekarang, konsumsi makanan tersebut bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang muncul karena konsumsi daging kambing.