Hyundai dan Kia Hentikan Obrolan Dengan Apple Soal Mobil Listrik

Iptek057 views

Inionline.id – Beberapa bulan lalu, perusahaan otomotif Hyundai mengkonfirmasi pihaknya sedang berbincang dengan raksasa teknologi Apple. Ini dilakukan untuk kerjasama memproduksi kendaraan listrik otonom besutan Apple.

Menurut rencana, kalau keduanya setuju, kesepakatan bisa diumumkan pada akhir Maret 2021, dilanjutkan dengan produksi kendaraan listrik Apple Car oleh anak perusahaan Hyundai, Kia.

Namun, beberapa hari yang lalu, dilaporkan bahwa Apple dan Hyundai menghentikan pembicaraan seputar bisnis kendaraan listrik ini.

Kia sebagai pihak yang akan memproduksi mobil untuk Apple juga menghentikan pembicaraan seputar produksi Apple Car.

Dalam pengajuan, Hyundai dan Kia mengatakan kedua perusahaan telah menerima permintaan dari beberapa perusahaan mengenai pengembangan mobil listrik tanpa kemudi.

Kendati demikian, belum ada keputusan yang dibuat karena pembicaraan masih dalam tahap awal.

Ambisi Produksi 100.000 Mobil Hingga 2024

Dalam pembicaraan dengan Apple, dikatakan Hyundai akan memproduksi kendaraan di Amerika Serikat dengan membuka pabrik di Georgia yang dikendalikan oleh Kia. Pabrik ini bertujuan untuk memproduksi 100.000 mobil hingga 2024.

Pembuatan pabrik ini akan digadang-gadang melibatkan investasi sekitar USD 3,6 miliar (sekitar Rp 50,4 triliun) dari Apple agar bisa berjalan.

Pembicaraan Hyundai dan Kia dengan Apple berakhir begitu saja tanpa mencapai kesepakatan. Kini, status pembicaraan dengan Apple belum diketahui.

Sebelumnya dilaporkan, selain dengan Hyundai dan Kia, Apple tengah dalam pembicaraan dengan setidaknya 6 perusahaan pembesut mobil dari Jepang.

Berdasarkan laporan lalu, Apple berencana membesut kendaraan komersil pada 2024. Namun target ini tampaknya terlalu agresif hingga dipertanyakan oleh banyak orang, termasuk analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo.

Sebagian laporan juga mengindikasikan, setidaknya dibutuhkan waktu antara 5-7 tahun bagi Apple Car untuk memasuki proses produksi.