5 Hal yang Bakal Kamu Alami Jika Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Sehat

Kesehatan157 views

Inionline.id – Makanan tinggi lemak merupakan salah satu musuh bagi kesehatan kita. Sayangnya, makanan ini juga memiliki rasa yang lezat dan disukai banyak orang.

Makanan berlemak juga sangat mudah kita temui pada makanan sehari-hari kita. Oleh karena itu, sangat mudah bagimu untuk mengonsumsinya dan bahkan jadi terlalu banyak.

Walau makanan berlemak sesungguhnya dibutuhkan tubuh, namun terdapat jenis dan batas lemak tertentu untuk dikonsumsi. Walau sejumlah makanan seperti alpukat memiliki lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, namun bisa juga kamu terlalu banyak mengonsumsi.

Konsumsi lemak terlalu tinggi bisa menimbulkan masalah pada energi, pencernaan, serta kebiasaan tidurmu. Dilansir dari Livestrong, terdapat sejumlah tanda yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak.

1. Perut Kembung

Selama ini kondisi perut kembung biasanya identik dengan konsumsi makanan tinggi serat. Namun ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi lemak, kondisi perut kembung ini juga dapat kamu alami.

Lemak cukup sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga jadi lebih lama berada di dalam tubuh. Hal ini bisa membuatmu mengalami masalah perut kembung.

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Sehat, 5 Hal ini yang Bakal Kamu Alami

Diare dan Lelah

2. Diare

Konsumsi makanan berlemak bisa menjadi penyebab kamu mengalami diare. Setidaknya hal ini juga bisa menyebabkan tinja menjadi encer dan kamu sering ke kamar mandi.

Makanan berlemak kerap tidak dapat terserap oleh tubuh secara tepat. Hal ini menyebabkan usus memproduksi cairan berlebih sehingga terjadi diare.

Makanan tinggi lemak biasanya juga memiliki kandungan serat yang rendah. Tinja yang cair ini bisa dialami baik ketika kamu kelebihan serat maupun kekurangan serat.

3. Lelah

Walaupun lemak bisa dibakar oleh tubuh menjadi energi, namun konsumsi makanan berlekam bisa membuatmu merasa lelah. Berdasar penelitian tahun 2016, konsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan rasa lelah pada siapa pun.

Kondisi lelah ini bahkan dialami oleh mereka dengan kebiasaan dan gaya hidup sehat. Penelitian yang dilakukan terhadap 784 orang dewasa ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak lemak mengalami tingkat rasa lelah yang lebih tinggi di siang hari.

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Sehat, 5 Hal ini yang Bakal Kamu Alami

Berat Badan Naik dan Tidur Tak Nyenyak

4. Bertambahnya Berat Badan

Walau makanan tinggi lemak sehat biasa digunakan untuk menurunkan berat badan, namun makanan ini tetap bisa membuat berat badanmu bertambah. Hal ini terutama ketika konsumsi makananmu berlebih.

Makanan berlemak bisanya tinggi kalori dan mudah membuat berat badanmu meningkat. Konsumsi berlebih terutama pada makanan ini bisa menyebabkan terjadinya masalah kesehatan ini.

5. Tidur Tak Nyenyak

Walau konsumsi makanan berlemak bisa membuatmu lelah dan mengantuk, namun hal ini juga bisa membuatmu sulit tidur. Hal ini terjadi pasalnya lemak dicerna lebih lama sehingga membuat tubuh tetap aktif.

Ketika tidur, tubuh biasanya mencerna makanan lebih lambat. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan terlalu berat sebelum tidur. Hal ini terutama pada makanan tinggi lemak yang bisa membuatmu sulit tertidur.