by

Tampil Sebagai Keynote Speaker Mitras DUDI Kemendikbud RI, Ridwan Kamil Dapat Masukan Dari Iwan Suryawan

Bandung, Inionline.id – Sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menjadi keynote speaker pada seminar CNBC Indonesia dan Mitras DUDI Kemendikbud RI, Jum’at (19/02/2021) mendapat perhatian dari anggota komisi V DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil yang berbicara kepada generasi muda diacara tersebut dengan tema mendorong generasi muda untuk menggali potensi ekonomi baru pascapandemi COVID-19, mengambil tema tentang 7 potensi ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Ketujuh peluang tersebut adalah yaitu: (1) meraup peluang investasi perusahaan yang pindah dari Tiongkok; (2) swasembada pangan; (3) swasembada teknologi; (4) mendorong peluang bisnis di sektor kesehatan; (5) inovasi digital; (6) green business/penerapan ekonomi berkelanjutan; dan (7) pariwisata lokal.

Lebih lanjut, Iwan Suryawan yang juga tokoh pemuda di Kota Bogor mengingatkan Emil bahwa walaupun Jawa Barat memiliki keinginan memanfaatkan para generasi muda sebagai objek untuk memaksimalkan dunia digital namun disatu sisi apakah maksud tersebut sudah terkomunikasikan dengan jelas atau tidak, antara pemudanya dengan sarana yang ada.

“Segala sesuatunya harus terukur, misal kita punya pemuda jumlahnya sekian, jumlah perusahaan sekian yang bisa bersinergi, artinya petanya dulu nih, yang tekhnisnya seperti apa,” tutur Iwan, Minggu (21/02/2021).

Kemudian Iwan pun mengatakan bahwa jangan sampai Emil sudah mengeluarkan kebijakan namun para pemudanya sendiri bingung harus melakukan apa.

“Seperti kemarin program petani millenial sedangkan infonya, hasil pertaniannya saja tidak bagus, sekarang pembicaraan dengan pemuda apalagi, jadi kadang-kadang kondisi nyatanya di lapangan masih ngawang-ngawang gitu,” kata Iwan.

Lalu, Iwan pun berharap agar kedepannya Ridwan Kamil menyiapkan sisi teknisnya dengan baik, benar, dan rapih setelah mengeluarkan statement ke publik.