Tak Ada UN, Serang Memakai Ujian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa

Pendidikan157 views

Serang, Inionline.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan 2021 ditiadakan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Banten pun menggunakan metode penilaian ujian sekolah untuk menentukan kelulusan peserta didik.

“Untuk merujuk dalam kebijakan Kemendikbud dalam meniadakan UN ini maka Kota Serang akan melaksanakan standarisasi dengan menggunakan ujian sekolah,” kata Kepala Dindikbud Kota Serang, Wasis Dewanto di Serang, Kamis, 18 Februari 2021.

Ketentuan itu dilakukan sesuai dengan surat edaran (SE) Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sebagai pengganti UN, pihaknya menerapkan sistem penilaian tersebut melalui hasil nilai penugasan, nilai rapor dan nilai tes jarak jauh selama pandemi covid-19.

“Jadi sekolah boleh menentukan nilai yang dicapai siswanya. Baik itu hasil tes, portofolio atau prestasi anak dalam menjalankan tugas-tugas sekolah, atau melaksanakan ujian sekolah dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk kenaikan kelas siswa SD dan SMP ditentukan berdasarkan nilai ujian akhir semester dalam bentuk portofolio maupun tes jarak jauh. Sedangkan, untuk kelulusannya didasari oleh nilai pada semester akhir dan semester genap.

“Karena kiki-kisi yang akan di keluarkan oleh kami itu sebagai rambu-rambu juga, dikhawatir nanti ada guru yg tidak merujuk di tengah pandemi covid-19 dalam penyederhanaan kurikulum ini,” kata Wasis.

Ia mengungkapkan pembelajaran jarak jauh yang selama ini diterapkan, memberikan banyak tantangan bagi guru maupun siswa saat akan memberikan penilaian. Sehingga, saat ini pihaknya harus melakukan upaya penyederhanaan kurikulum guna memastikan agar nilai yang akan diberikan benar-benar mencerminkan kemampuan peserta didiknya.

“Untuk kurikulum yang diajarkan adalah kurikulum penyesuaian. Artinya kurikulum yang betul-betul dipilih dengan sedemikian agar tidak membebani siswa,” terang Wasis.