Sejumlah Kendaraan Diputar Balik, Ganjil Genap Bogor Tetap Berlaku Saat Imlek

Berita057 views

Inionline.id – Sistem ganjil genap di Kota Bogor kembali diberlakukan di libur panjang Imlek 2021 ini. Sejumlah kendaraan berpelat ganjil diputar balik.

Jumat (12/2/2021) di sekitar Gerbang Tol Bogor I sekitar pukul 07.55 WIB, sejumlah petugas dari Satpol PP, polisi, dishub, dan TNI sedang melakukan apel. Sejumlah road barrier dan traffic cone telah disediakan di sekitar jalan.

Usai melakukan apel, para personel ini segera menyusun road barrier dan traffic cone itu dan membaginya menjadi 2 lajur. Setelah itu, para personel gabungan ini segera melakukan penyekatan untuk mencari kendaraan yang berpelat tidak sesuai ketentuan.

Diketahui, angka pemberlakuan ganjil genap di Kota Bogor diambil dari nomor akhir pelat mobil dan motor serta disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut. Hari ini, kendaraan berpelat genap yang diperkenankan masuk ke Kota Bogor.

Bila tak memiliki keperluan mendesak atau ingin pulang, petugas akan memutarbalikkan kendaraan berpelat ganjil tersebut. Namun, ada juga beberapa kendaraan berpelat ganjil yang diperkenankan kembali melintas masuk ke Kota Bogor usai menjelaskan keperluannya dan menunjukkan KTP-nya.Ketika ada kendaraan berpelat ganjil dari Gerbang Tol Bogor I hendak masuk ke Kota Bogor, petugas akan mengarahkannya ke lajur kanan. Petugas yang berada di lajur kanan pun langsung menanyakan tujuan pengendara berpelat ganjil tersebut.

Belum ada pengendara yang diberi sanksi atau denda dari penerapan ganjil genap ini. Kondisi arus lalu lintas pun terpantau lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan dari pemberlakuan ganjil genap ini.

Adapun titik-titik penyekatan ganjil-genap di Kota Bogor adalah sebagai berikut:

1. Pos Sekat Simpang BOOR
2. Pos Sekat GT Bogor
3. Pos Sekat Ter Wangun
4. Pos Sekat SPBU Veteran
5. Pos Sekat Bubulak
6. Pos Sekat Yasmin

Sedangkan titik check point dibangun 7 titik di dalam kawasan Kota Bogor ialah:

1. Simpang Bantar Jati
2. Simpang Tugu Kujang
3. Simpang Batutulis
4. Simpang Jembatan Merah
5. Simpang Air Mancur