Resep dan Cara Membuat Roti Tawar Rumahan yang Lembut

Inionline.id – Jika Anda terbiasa sarapan dengan roti, mungkin Anda sudah sering membeli roti tawar dari bakery terdekat. Nah, sekali-sekali bikin sendiri, dong.

Sebenarnya membuat roti tawar tidak terlalu sulit, kok. Berikut ini resep dan cara membuat roti tawar lembut yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan (2 loyang):

  • 500 gram tepung protein sedang
  • 8 gram garam
  • 2 gram pelembut roti (dough softener)
  • 8 gram ragi instan
  • 30 gram susu bubuk full cream
  • 40 gram gula pasir
  • 1 kuning telur ayam
  • 50 gram mentega (butter) atau butter margarine
  • 300 gram air es

Cara Membuat Roti Tawar:

  1. Olesi bagian dalam dan tutup loyang roti tawar dengan margarin, lalu sisihkan.
  2. Masukkan mentega/butter margarine, kuning telur, dan air es ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, gula, garam, pelembut roti, susu bubuk, dan ragi, Uleni hingga adonan kalis. Tandanya permukaan adonan sudah halus dan mengkilap.
  4. Baluri tangan dan alas dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket. Uleni adonan sambil digilas-gilas seperti mencuci baju. Setelah itu bulatkan dan tutup dengan plastik. Diamkan selama 10 menit untuk proses proofing (pengembangan).
  5. Bagi adonan menjadi delapan bagian, masing-masing dengan berat sekitar 120 gram. Kemudian bulatkan kembali dan tutup plastik. Diamkan lagi selama 10 menit untuk proses proofing kedua.
  6. Ambil satu bulatan adonan, kemudian gulung memanjang satu per satu. Giling dengan rolling pin, lalu gulung seperti membuat cinnamon roll. Cubit ujung-ujungnya agar melekat satu sama lain.
  7. Susun berjejer empat gulungan adonan di loyang, kemudian diamkan selama 1 jam sampai 1 1/2 jam.
  8. Jika adonan sudah mengembang sampai memenuhi tiga perempat bagian loyang, langsung panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 30 menit sampai 40 menit. Sesuaikan lama memanggang dengan jenis oven yang Anda miliki.
  9. Jika roti tawar sudah matang, langsung keluarkan dari loyang. Hentakkan loyang di setiap sisinya sampai roti lepas dari loyang dengan sendirinya.
  10. Angin-anginkan roti sampai kelembapannya berkurang. Kurang lebih selama dua jam.
  11. Setelah itu potong roti dengan bread slicer agar teriris rapi.

Sajikan roti tawar bersama olesan favorit atau simpan di dalam wadah kedap udara.