Rel Tergenang Banjir, Ini Daftar KA Jarak Jauh dari Stasiun Senen yang Dibatalkan

Antar Daerah157 views

Jakarta, Inionline.id – Perjalanan kereta api (KA) jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, terhambat. Perjalanan KA jarak jari dari Stasiun Pasar Senen terhambat karena sejumlah jalur rel terendam banjir.

“Dampak cuaca ekstrem di area Daop 1 Jakarta, terdapat hambatan perjalanan KA jarak jauh. Hingga kini sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai dengan KM 54+500 terendam banjir. Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021).

“Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari bendungan Kamojing, Pupukujang dan Walahar,” sambungnya.

Akibatnya, seluruh perjalanan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen dengan waktu keberangkatan hingga pukul 12.00 WIB dibatalkan.

Berikut informasi perjalanan KA Jarak Jauh 21 Februari 2021 untuk waktu keberangkatan sampai dengan Pukul 12.00 WIB:

Stasiun Pasar Senen

Seluruh kereta api dibatalkan

Stasiun Gambir

Keberangkatan dialihkan dari Stasiun Cikampek, yakni:

-KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi
-Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan

Dibatalkan:
-KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung

Khusus penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir namun dialihkan ke Stasiun Cikampek, PT KAI menyediakan bus.

“Adapun kedua kereta api yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya. Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan jasa KA,” tutur Eva.

Eva, mewakili PT KAI Daop 1 Jakarta, meminta maaf kepada seluruh pengguna jasa layanan kereta. Pihaknya berjanji akan memberi pelayanan terbaik walaupun banjir melanda di sejumlah titik.

“PT KAI Daop 1 memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA,” tandasnya.

Sementara itu, keberangkatan kereta api pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala oleh PT KAI Daop 1 Jakarta.