Pemkot Bogor Kembali Distribusikan 6488 KIA Untuk 6 Kecamatan

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.id – Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali mendistribusikan 6488 Kartu Identitas Anak (KIA) untuk 6 kecamata se-Kota Bogor. Secara simbolis penyerahan KIA dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian Racham di Kantor Kecamatan Bogor Utara, jalan Galugur I, Kota Bogor, Kamis (04/02/2021).

Pada kesempatan tersebut Yane mengatakan bahwa pendistribusian KIA di awal 2021 ini sebagai bentuk nyata Kota Bogor dalam mewujudkan visi Bogor sebagai kota layak anak dan juga kota ramah keluarga.

“Penyerahan KIA ini sangat berdampak besar kepada masyarakat karena ini salah satu pemenuhan hak anak,” ujar Yane.

Kemudian menurut istri Walikota Bogor itu, kedepannya KIA bukan hanya sebagai kartu identitas saja tetapi memiliki peran ganda yang salah satunya memastikan anak untuk mendapatkan pelayanan publik.

“Mendapatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan lebih baik, intinya ini adalah cara kami untuk mendata anak-anak di Kota Bogor, sampai segala permasalahan dan kendala bisa terdata dan terinvestigasi melalui data yang ada di dukcapil,” imbuh Yane.

Dirinya pun menambahkan bahwa pendistribusian KIA ini adalah hasil kerjasama jejaring dimana Kota Bogor memiliki kader yang melakukan pencatatan sampai ke dasawisma dengan secara berjenjang diberikan kepada wilayah yang kemudian diserahkan kepada Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto memaparkan bahwa jumlah total KIA yang didistribusikan adalah 6488 dengan rincian diantaranya, Kecamatan Bogor Utara 1234 KIA, Kecamatan Bogor Selatan 1275 KIA, Kecamatan Bogor Timur 672 KIA, Kecamatan Bogor Barat 1424 KIA, dan Kecamatan Tanah Sareal 1393 KIA.

“Tentu kami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sangat terbantu dengan adanya ibu Walikota yang secara langsung berkenan memastikan bahwa KIA bisa terdistribusi dengan baik, dan ini merupakan tindak lanjut MOU antara Disdukcapil Kota Bogor dengan tim penggerak PKK dimana ketua PKK Kota Bogor sangat luar biasa, berprestasi, dan langsung memiliki peran menggerakan dan mendukung visi Kota Bogor sebagai kota ramah keluarga,” tutup Jatmiko.