Pemerintah Berencana Membuka Sekolah Tatap Muka Bulan Juli, Ganjar: Kami Uji Coba Dulu

Pendidikan057 views

Inionline.id  Pemerintah berencana membuka kembali sekolah tatap muka bulan Juli setelah para guru divaksin. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di daerahnya baru akan dilakukan uji coba terlebih dahulu.

Ganjar menjelaskan, guru memang termasuk kelompok profesi yang diprioritaskan menerima vaksin. Saat ini percepatan vaksinasi di daerah tergantung jumlah pengiriman vaksin ke daerah-daerah.

“Banyak yang tanya ke saya, ‘Pak Gubernur apakah guru termasuk kelompok profesi yang diprioritaskan (vaksinasi)?’ Iya, cuma seberapa cepat itu bisa dilakukan itu tergantung berapa banyak vaksin yang akan dikirim, kalau vaksin banyak saya akan siapkan vaksinasi massal, guru jadi salah satu prioritas, termasuk kiai, nyai, juga jadi prioritas karena ini juga pendidikan, ya,” jelas Ganjar di rumah dinasnya, Rabu (24/2) malam.

Ia menjelaskan grafik kasus COVID-19 di Jateng memang makin turun, namun jangan terburu-buru senang dan tetap harus ada uji coba sebelum sekolah tatap muka dilakukan. Jika perlu masih harus zonasi dari kasus COVID-19.

“Karena ini belum terjadi maka hati-hati, kalau toh nanti sudah dilakukan vaksinasi, kami masih akan melakukan uji coba, dan itu harus didasarkan dari data sains yang muncul dari info COVID-nya, kalau daerahnya itu kita masih pakai ukuran warna merah, oranye, kuning, hijau kami akan buat jadi kalau sudah divaksin akan diujicobakan di daerah yang lebih aman,” terang Ganjar.

Jika uji coba berhasil dan vaksinasi kepada guru sudah rampung, lanjut Ganjar, disiplin protokol kesehatan tetap tidak boleh kendor karena divaksin pun tetap berpotensi terkena Corona meski persentasenya kecil.

“Kalau sudah bisa berhasil bisa diaplikasi, cuma kalau kita lihat jangan sampai nanti vaksin mulai banyak disiplinnya berkurang. Bukan tidak mungkin lho dari beberapa kejadian ada lebih banyak yang tidak tertular setelah divaksin, tapi ingat yang sudah divaksin pun akhirnya positif meskipun persentasenya sangat kecil,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat memantau proses vaksinasi COVID-19 bagi guru di DKI Jakarta menyampaikan target vaksinasi guru sebanyak 5 juta orang dan pada bulan Juli saat tahun ajaran baru akan dilakukan sekolah tatap muka.

“Tenaga pendidik, kependidikan, guru, ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan dan targetnya pada Juni nanti 5 juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan, semuanya insyaallah sudah bisa segera kita selesaikan sehingga bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali,” ujar Jokowi di SMAN 70 Jakarta, Jl Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (24/2).