Lalu Lintas Lumpuh, Jalan Nasional Ciamis-Cirebon Tertimbun Longsor

Antar Daerah057 views

Ciamis, Inionline.id – Jalan Nasional Ciamis-Cirebon tepatnya di Dusun Hayawang, Ciamis, Jawa Barat, tertimbun tanah longsor, Kamis (18/2/2021) dini hari. Akibatnya arus lalu lintas dari kedua arah lumpuh total. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Longsor tebing tanah setinggi sekitar 10 meter ini terjadi setelah wilayah Ciamis diguyur hujan. Hingga Kamis pagi pukul 08.00 WIB, masih dilakukan proses evakuasi material longsor oleh unsur Pemkab Ciamis, TNI-Polri dan masyarakat.

Di lokasi, dua alat berat diturunkan untuk membersihkan material tanah yang menutupi seluruh badan jalan. Mobil damkar dan mobil tangki air pun disiapkan untuk melakukan penyiraman setelah timbunan tanah berhasil diangkat.

Sejumlah truk diturunkan untuk mengangkut material tanah. Warga pun telah siap melakukan gotong-royong dengan membawa cangkul dan sekop.

Kabid Darlog BPBD Ciamis Memet Hikmat membenarkan telah terjadi longsor di Jalan alternatif menuju Tol Cipali ini. Seluruh kendaraan diarahkan untuk balik kanan, karena proses evakuasi diprediksi membutuh waktu berjam-jam.

“Kamis dini hari kami menerima laporan terjadi longsor. Tanah yang menutupi jalan cukup panjang dan tebal sekitar 7 meter. Jadi diterjunkan alat berat untuk mengevakuasinya,” kata Memet saat ditemui di lokasi kejadian.

Memet menyebut sejak terjadi longsor sampai pagi ini petugas gabungan masih melakukan proses evakuasi tanah longsor. Termasuk melakukan pembersihan agar tidak membahayakan pengguna jalan karena licin.