by

Lahan Minimalis Bukan Ganjalan Membangun Rumah, ini Contohnya

Inionline.id – Punya rencana bangun rumah di lahan minimalis dengan tampilan kekinian? Rumah ini mungkin bisa jadi inspirasi jika Anda memang punya rencana tersebut.

H House, rumah milik pasangan muda Sabdono Hadi dan Novi Oktaviani yang berada di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. H House dibangun di atas lahan seluas 48 meter persegi berada tepat di sudut jalan. Tidak hanya itu, adanya regulasi Garis Sempadan Bangunan (GSB) sebesar 2 meter pada sisi depan dan 1,5 m pada sisi samping juga menjadi tantangan tersendiri dari pembangunan hunian tersebut.

Sebab, dengan adanya beberapa ‘cutting’ lahan untuk GSB tadi tentu, area yang dapat terbangun makin kecil. Pemilik rumah pun menggandeng arsitek dan akhirnya rumah tersebut bisa dibangun dengan desain kekinian.

Berdasarkan pantauan detikcom, meski dibangun di lahan terbatas, rumah ini tak gelap maupun pengap karena dikelilingi jendela. H House ini terdiri dari 2 lantai.

Lantai dasar diisi dengan ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Tepat di samping ruang tamu ada teras mungil yang diteduhi pohon dari area luar rumah. Sehingga nyaman untuk dijadikan untuk bersantai sore dan lain sebagainya. Menurut pemilik rumah, area teras ini adalah area favoritnya.

“Paling suka area teras ini, sore-sore bisa ngopi santai di situ,” kata Hadi kepada detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Di halaman depan rumah, ada area carport ukuran 2×3,5 meter dengan sistem kantilever.

Sementara di lantai atas merupakan area pribadi, yang terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Di lantai atas ini, pencahayaan didapat dari bukaan melalui jendela hidup sekaligus mini balkon. Membuat cahaya dan udara tetap dapat masuk rumah.

Untuk menekan bujet, material yang digunakan untuk lantai dan dinding pada lantai dasar menggunakan semen ekspos. Lalu, untuk efisiensi hunian dan meminimalisir budget, sided sloping roof dipilih untuk atap.