Kronologi dari Warga Rusia Buronan Interpol Kabur di Imigrasi Bali

Inionline.id – Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pencarian dan pengejaran terhadap buron Interpol Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka yang kabur dari kantor Imigrasi Ngurah Rai, Bali.

Warga Negara Rusia yang masuk dalam Red Notice Interpol ini melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada Kamis (11/2) pukul 13.20 WITA. Kovalenka melarikan dalam proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar.

Ia melarikan diri usai dijenguk rekan wanitanya Ekaterina Trubkina yang juga warga Rusia. Pria pemilik paspor bernomor 7536xx ini sebelumnya telah menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan akibat kasus narkoba.

“Dia ditangkap polisi pada Oktober 2019 karena menjadi pengedar narkoba hashish untuk para turis. Barang bukti 521,19 gram hashish,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Parlindungan, Sabtu (13/2) malam.

Saat itu, Kovalenka ditangkap di Jl Sunset Road, tempat Sisha Cafe, Kuta, Badung. Ia kemudian menjalani masa hukuman di LP Krobokan, Denpasar.

Setelah masa hukuman pidana berakhir yang bersangkutan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada tanggal 3 Februari 2021 untuk selanjutnya dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian Pendeportasian dan pengusulan cekal.

Pada 11 Februari, Kovalenka rencananya akan dipindahkan dari Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Pemindahan dilakukan karena keterbatasan ruang detensi yang dimiliki Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

“Kovalenka kabur saat petugas melakukan proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar,” seperti tertulis lewat keterangan resmi yang diterima.

Proses administrasi dilakukan untuk memperoleh keterangan, mendata, dan menyiapkan surat penyerahan untuk nantinya diambil oleh Interpol.

Saat proses administrasi berlangsung, yang bersangkutan dijenguk oleh rekan wanitanya Trubkina sekitar pukul 13.20 WITA. Setelah dijenguk oleh rekan wanitanya, Kovalenka kembali menjalankan proses pemeriksaan Kembali oleh petugas.

warga rusia buronan kantor imigrasi ngurah rai bali

Namun, saat proses pemeriksaan berlangsung yang bersangkutan menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan dan melarikan diri.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai saat ini telah mengerahkan seluruh pegawai untuk mencari keberadaan yang bersangkutan bersama-sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja dan tim dari Kanwil Kemenkumham Bali.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai juga telah mengusulkan penetapan nama yang bersangkutan kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO) ke Kepolisian Daerah Bali.

Koordinasi juga dilakukan bersama dengan Bareskrim Polri, Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Konsul Kehormatan Rusia dan Konsul Kehormatan Ukraina di Bali, Direskrimum Polda Bali, Kapolresta Denpasar, serta Polres, Polsek dalam rangka pencarian yang bersangkutan.

Koordinasi juga dilakukan dengan Kantor Otoritas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, GM Angkasa Pura I dan Maskapai Penerbangan serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan setempat untuk mencegah keberangkatan Kovalenka dan Trubkina keluar Bali.

Warga diminta untuk menghubungi pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai lewat nomor Whatsapp 081236956667.