by

Iwan Suryawan Turun Langsung Bantu Korban Banjir Kabupaten Karawang

Karawang, Inionline.id – Filosofi anggota komisi V DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan nampaknya layak ditiru banyak politisi di Indonesia. Dirinya selalu berprinsip ketika bicara kemanusiaan maka tidak ada bahasa daerah pemilihan, karena menurutnya semua orang yang terkena musibah layak dibantu.

Hal itu dibuktikan Iwan dengan turun langsung ke lokasi banjir didaerah Kabupaten Karawang bersama jajaran DPD PKS Kabupaten Karawang, Senin (22/02/2021).

Tidak dengan tangan hampa, Iwan Suryawan bersama jajaran PKS Kabupaten Karawang, dan presiden PKS, Ahmad Syaikhu membawa sejumlah bantuan seperti puluhan karung beras, paket sembako, bantuan perahu karet, dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya.

Terkait penyebab banjir, selaku anggota DPRD Jawa Barat, Iwan akan mengumpulkan data untuk menginvestigasi penyebab banjir di Kabupaten Karawang.

Anggota DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan (kiri) turun langsung membantu salah satu korban banjir Kabupaten Karawang mencuci baju yang terendam banjir, Senin (22/02/2021).

“Ini adalah banjir terbesar di Karawang sejak 2010, dan di tahun ini sudah terjadi sebanyak dua kali, sementara ini saya menilai faktor alam lebih dominan, dengan curah hujan yang tinggi sehingga air di Sungai Citarum meluap. Tetapi sebagai bahan introspkesi semua pihak, ketika alam yang seharusnya dipelihara tetapi dipergunakan oleh sesuatu yang keuntungannya hanya sesaat di dunia namun berakibat serapan air menjadi tidak ada,” tutur Iwan.

Dirinya mencontohkan dari satu sisi yaitu terkait alih fungsi lahan yang dinilai sebagai salah satu faktor penyebab banjir di daerah tersebut.

“Misalnya yang tadinya tanah pertanian kemudian jadi perumahan, hotel, atau daerah industri, inikan juga berakhir pada serapan air yang berkurang dan tertahan sehingga kalau di hulu hujan maka di hilirnya akan besar,” ujar Iwan.

Lebih lanjut, politisi asal Kota Bogor itu pun melihat bahwa upaya pemerintah sudah cukup baik dalam mengatasi banjir dibeberapa daerah hanya saja kedepannya untuk Pemprov Jabar investigasi terkait banjir yang banyak menggenangi beberapa wilayah harus ditemukan penyebab serta solusinya.