by

Ini 5 Penyebab Terjadinya Masalah Perut Kembung di Malam Hari

Inionline.id – Malam hari sebelum tidur adalah waktu yang sangat tepat untuk bersantai. Setelah lelah bekerja dan beraktivitas seharian, istirahat merupakan saat yang sangat kita tunggu-tunggu.

Namun sayangnya, malam hari kita tak selalu sempurna. Terkadang ada saja masalah kesehatan yang datang pada diri kita dan menimbulkan masalah.

Salah satu hal yang bisa saja kita alami di malam hari adalah munculnya kondisi perut kembung. Masalah ini biasanya terjadi karena terperangkapnya udara di dalam saluran pencernaan kita.

Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang bisa sangat mengganggu. Masalah ini tidak hanya disebabkan oleh udara yang masuk saja namun bisa juga akibat udara yang diproduksi oleh perut pada saat proses pencernaan.

“Sejumlah orang mengalami ketidakseimbangan bakteri di dalam perut dan bisa berdampak sejumlah makanan atau gula yang memberi makan bakteri ini dan menimbulkan lebih banyak gas,” terang Scott David Lippe, MD, kepala bagian pencernaan di Bergen Regional Medical Center, Paramus, New Jersey dilansir dari Livestrong.

Makanan merupakan salah satu penyebab dari munculnya masalah kembung ini. Dilansir dari Livestrong, berikut lima hal penyebab munculnya masalah perut kembung di malam hari.

1. Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Usai makan, tubuh membutuhkan waktu untuk mencegahnya. Butuh beberapa jam bagi tubuh untuk mencerna dan mengosongkan saluran pencernaan.

Ketika kita makan terlalu larut dan dekat dengan waktu tidur, bisa muncul masalah pencernaan yang menyebabkan masalah ini. Ketika tidur, tubuh kita bakal kesulitan untuk mencerna sehingga produksi gas meningkat dan menimbulkan masalah perut kembung.

Cara Mengatasinya: Pastikan terdapat jeda waktu yang memadai antara waktu makan dengan jam tidur agar tubuh bisa mencernanya dengan layak. Pastikan untuk duduk dalam posisi sedikit tegak selama dua jam untuk menghindari penyebab terjadinya perut kembung.

Kamu juga bisa sedikit melakukan aktivitas fisik untuk mencegah terjadinya masalah ini. Olahraga diketahui merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat pencernaan.

5 Penyebab Terjadinya Masalah Perut Kembung di Malam Hari

2. Makan Malam Terlalu Banyak

Ketika kamu makan malam dalam jumlah yang sangat banyak di malam hari, kamu mungkin mengalami masalah perut kembung di malam hari ini.

“Konsumsi makanan besar di malam hari merupakan penyebab munculnya rasa ak nyaman,” terang Rusha Modi, MD, gastroenterologis dari University of Southern California.

“Di malam hari, fungsi alami dari ritme sirkedian memperlambat kemampuan usus untuk memindahkan isinya berupa makanan dan sampah,” sambungnya.

Cara Mengatasinya: Untuk mencegah masalah ini, makanlah lebih awal dan pastikan untuk tidak melewatkan waktu makan. Jika kamu lapar dekat waktu tidur, kamu disarankan untuk mengonsumsi cemilan dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

3. Baru Mengonsumsi Sayuran Mentah

Walaupun bisa berdampak sehat dan kaya nutrisi, namun sayuran mentah bisa menjadi penyebab perut kembung ini. Hal ini terjadi karena sayuran biasanya lebih sulit dicerna dibanding makanan lain.

Mengonsumsi sayuran mentah di malam hari bisa menjadi penyebab munculnya kondisi perut kembung. Hal ini biasa dialami pada bagian perut bawah sehingga terasa sangat sakit.

Cara Mengatasinya: Pada malam hari, disarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran mentah. Pada malam hari, kamu bisa memilih untuk memasak sayuran untuk mencegah munculnya masalah perut kembung.

5 Penyebab Terjadinya Masalah Perut Kembung di Malam Hari

4. Minum Terlalu Banyak ketika Makan

Ketika makan, banyak orang terbiasa untuk mengonsumsi banyak air terutama pada makanan asin. Padahal, melakukannya bisa membuat perut menjadi kembung.

Dampak ini bisa semakin buruk ketika kamu mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti bir atau soda. Minuman jenis ini bisa menimbulkan produksi udara di perut sehingga terjadinya masalah perut kembung.

Cara Mengatasinya: Secara mudah, kamu bisa mengatasinya dengan menghindari banyak minum sambil makan. Selain itu pastikan untuk menghindari minuman berkarbonasi.

Mikrobioma terletak pada usus seseorang dan merupakan rumah dari banyak bakteri. Sejumlah makanan yang kita konsumsi terutama daging olahan, daging merah, produk olahan susu, serta permen bisa merusak keseimbangan bakteri di dalam mikrobioma.

Kondisi mikrobioma yang tidak seimbang ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan munculnya kondisi perut kembung.

Cara Mengatasinya: Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengalami proses fermentasi. Hal lain bisa kamu lakukan dengan konsumsi minuman probiotik untuk menstabilkan bakteri dalam perutmu.