by

Banjir, Jasa Marga Menutup Sementara Sejumlah Gerbang Tol

Inionline.id – PT Jasa Marga menutup sejumlah gerbang tol akibat banjir yang menggenang di beberapa ruas jalan. Untuk itu, pihak Jasa Marga melakukan sejumlah pengalihan rute untuk sementara.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, salah satu gerbang tol yang ditutup sementara yakni gerbang tol Jatibening arah Jakarta.

“Akses masuk gerbang tol Jatibening arah Jakarta tergenang, penutupan sementara akses on ramp. Saat ini kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses gerbang tol Jatiwaringin/Pondok Gede,” kata Dwimawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2).

Selain itu, menurut Dwimawan, gerbang tol lain yang ditutup yakni GT Pondok Ranji Utama arah BSD. Selama penutupan, arus lalu lintas dialihkan ke Bintaro.

readyviewed Beberapa ruas jalan tol yang sempat tergenang saat inii sudah mulai dapat dilewati oleh kendaraan. Namun, pihak Jasa Marga masih terus melakukan penyedotan air dengan menggunakan pompa.

Berikut perkembangan terkini banjir di sejumlah ruas jalan tol:

Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta

– KM 9, saat ini genangan di Lajur (L) 1, kendaraan masih bisa melintasi L2 s.d L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
– Akses masuk Gerbang Tol (GT) Jatibening arah Jakarta tergenang, penutupan sementara akses on Ramp. Saat ini kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede.
– KM 19, saat ini genangan di L1, L2 s.d L4 dapat dilintasi semua kendaraan.
– GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, genangan sudah mulai surut dan dalam proses pembersihan lajur
– GT Cibitung 7 arah Jakarta, penutupan sementara akses on Ramp
Arah Cikampek:
– Rest Area KM 19A dilakukan penutupan sementara

Jalan Tol Jakarta-Tangerang arah Tangerang

– Simpang susun Bitung, seluruh lajur sudah dapat dilintasi dengan pengaturan petugas di lapangan.
– KM 24, saat ini L2 s/d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

Jalan Tol Jorr Pondok Ranji-Serpong arah Serpong

– KM 8+600 ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta

– Km 3+800, saat ini L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini masih dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa

Jalan Tol Dalam Kota Jakarta

– Km 00+200 SS Cawang, Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.
– Km 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas.