3 Aplikasi yang Dibutuhkan Untuk Membuat Podcast, Cuma Dari Smartphone

Iptek157 views

Inionline.id – Podcast jadi platform yang banyak dijajaki pengguna baru beberapa waktu terakhir. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast, antara lain Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, Noice, dan masih banyak lagi.

Sebetulnya, Anda bisa dengan mudah membuat rekaman podcast melalui cuma lewat smartphone. Yang diperlukan hanyalah smartphone saja, serta beberapa aplikasi penunjang.

Nah, berikut tiga aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten podcast.

Anchor

Pertama adalah Anchor, fitur yang dimiliki menjadikan pengguna lebih mudah untuk mempelajarinya. Anchor mampu mendistribusikan podcast Anda ke berbagai platform yang sudah disampaikan sebelumnya.

Ia juga menyediakan fitur untuk memotong suara, serta fitur suara latar. Namun, sedikit kekurangannya ketika menggunakan Anchor adalah kualitas perekaman yang bergantung pada koneksi internet.

Akan tetapi, hal ini bisa diatasi dengan penggunaan perekam suara bawaan di smartphone Anda.

Audio Editor

Pengedit suara diperlukan untuk memotong atau menyempurnakan suara dari Anda dan rekan podcast.

Terkadang, dalam perekaman, terdengar suara yang terlalu jauh, hal ini membuat suara Anda akan kecil ketika didengarkan oleh orang lain.

Di situ peran pengedit suara tadi, menyesuaikan gelombang suara yang nyaman didengar di telinga.

Banyak aplikasi pengedit suara yang gratis bahkan berbayar. Seperti Lexis Audio Editor yang gratis cukup memenuhi kebutuhan sederhana mengedit suara.

Jangan tertipu dengan label berbayar, karena terkadang fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi gratis pun sudah cukup memenuhi kebutuhan podcast Anda.

Chksnd

Familiar dengan spectrum? Spectrum adalah visual gelombang suara baik bentuk titik atau garis naik turun sesuai hentakan dan besar-kecilnya suara. Melalui aplikasi Chksnd ini Anda dapat memvisualisasikan rekaman podcast Anda.

Anda setidaknya dapat menyebarkan lebih awal trailer dari topik yang Anda bahas ke media sosial. Agar lebih menarik tentunya perlu visual yang lebih ciamik.

Pada aplikasi ini Anda mampu mengatur frekuensi suara, latar belakang spectrum, serta model-model spectrum yang ingin ditampilkan.

Jika Anda ingin mengeditnya lebih lanjut di aplikasi pengedit video, silakan gunakan latar dengan warna hijau cerah sebagai pengganti green screen.