by

TPPAS Nambo Mangkrak, Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar Fokus Prioritaskan Aktifasinya

Bogor, Inionline.Id – Semakin tidak mampunya TPA Galuga di Kabupaten Bogor menampung sampah dari kota dan kabupaten Bogor tentu saja menjadi persoalan yang selalu berulang. Belum lagi masalah penanganan air limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) di TPA Galuga yang harus mendapatkan perhatian lebih serius lagi.

Menanggapi hal tersebut, anggota komisi IV DPRD Jawa Barat dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Supono menegaskan bahwa TPPAS Nambo yang menjadi salah satu solusi sebagai pembuangan sampah akhir dipastikan mangkrak.

“Oleh karena kontraktornya tidak segera menyelesaikan mesinnya dan mungkin yang lain-lainya. Padahal itu sangat penting jadi artinya kita mendorong hal itu untuk segera tertuntaskan karena paling tidak Nambo sebagai tempat pembuangan sampah akhir bagi Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan sekitarnya,” ujar Supono, Kamis (07/01/2021).

Ketua fraksi PAN DPRD Jabar tersebut pun menambahkan dengan over capacity TPA Galuga yang harusnya sudah ditutup, maka TPPAS Nambo bukan menjadi satu keniscayaan lagi akan tetapi sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang sangat urgent.

“Karena kendala pandemi dan lain-lain menyebabkan kecepatan kita untuk menuntaskan masalah ini jadi terhambat, tapi TPPAS Nambo menjadi prioritas bagi saya paling tidak yang mau saya usulkan karena nanti kita ada rapat tersendiri untuk menentukan jadwal kegiatan di komisi,” tutup Supono.