Tinjau Pasca Bencana Gunung Mas, Erni Sugiyanti Minta Pemprov Jabar Perhatikan Tata Ruang

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.Id – Anggota DPRD Jawa Barat, Erni Sugiyanti bersama Perempuan Bangsa (PB) yang dipimpin oleh Siti Mukaromah selaku Ketua Umum PB yang juga anggota komisi VI DPR RI, melakukan kunjungan sosial ke wilayah Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/01/2021).

Menurut legislator PKB tersebut, tujuan utama dirinya bersama Perempuan Bangsa datang ke lokasi bencana Gunung Mas adalah untuk menghibur anak-anak yang mengalami trauma pasca bencana banjir bandang di wilayah mereka.

“Pada saat ada batu dan bergulung-gulung dengan pohon, pasti membuat mereka trauma, traumatik ini supaya tidak diingat oleh mereka maka kami hadir untuk sekedar menghibur mereka apalagi disituasi pandemi ini maka cocok sekali melakukan acara-acara ringan untuk anak-anak dan warga disini,” tutur Erni.

Selain itu harapan Erni Sugiyanti kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar sekali lagi melihat peraturan tata ruang yang ada di wilayah Puncak Bogor.

“Sebenarnya KepPresnya sudah ada, kemudian aturan di Pemprov Jawa Baratnya sudah ada, tetapi kemudian masih saja di hulu ini pembangunan terjadi,” kata Erni.

Lebih lanjut, dirinya menilai bencana banjir bandang yang terjadi beberapa waktu yang lalu tidak terjadi secara tiba-tiba tetapi Erni meyakini ada pergeseran tanah dengan beberapa kondisi penggundulan lahan sehingga kondisinya ke hilir semakin mengkhawatirkan.

“Jangan lagilah terjadi hal seperti ini, mari kita sama-sama menjaga alam yang kita miliki hari ini, marilah kita belajar dengan pandemi yang ada hari ini untuk memprepare diri kita, memprepare masa depan juga apalagi masa depan anak-anak, cucu-cucu kita, masa harus mewariskan tempat yang harus porak-poranda, harus semakin diperbaiki,” pungkas Erni.

Dirinya pun mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang harus memperlihatkan kepeduliannya kepada lingkungan di kawasan Puncak, terutama urusan tata ruang yang menjadi masalah selama bertahun-tahun.