Supono Yakinkan Penebaran 2,5 Ton Benih Ikan di Citarum Sebagai Indikator Tingkat Polutan

Antar Daerah257 views

Bandung, Inionline.Id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (13/1/2021).

Adapun benih ikan yang ditebar adalah lele, nila, dan patin sejumlah 2,5 ton. Sementara untuk penanaman pohon dilakukan simbolis penanaman enam bibit pohon mangga dan alpukat.

“Kami melaksanakan inspeksi kemajuan Citarum Harum yang ambang batasnya tadi target akhir tahun adalah ‘Tercemar Sedang’ ternyata saat ini ‘Tercemar Ringan’,” ucap Kang Emil.

Lebih lanjut, penebaran benih ikan sendiri dilakukan untuk membuktikan bahwa DAS Citarum khususnya Sektor 6 sudah bisa menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan.

“Karena sekarang sudah Tercemar Ringan, kami ingin membuktikan minimal ikan dulu bisa hidup. Suatu hari bisa melihat ikan berkembang biak dan menjadi habitat ekologi,” tutur Kang Emil.

Menanggapi status terbaru sungai Citarum, anggota komisi IV DPRD Jawa Barat, Supono menyatakan apresiasinya terhadap hal tersebut.

“Yang kedua, dengan penebaran benih tersebut menjadi indikator, kadar polutan atau juga kadar zat-zat tertentu yang bersahabat dengan sungai Citarum atau tidak, jadi tergambarkan,” ujar Supono, Jum’at (15/01/2021).

Kemudian hal ketiga yang dikatakan politisi PAN tersebut adalah treatment selanjutnya adalah memperbaiki DAS maupun infrastruktur terkait Citarum.