by

Supono Setujui Rencana DBMPR Jawa Barat Percantik Estetika Flyover Gatsu Bandung

Bandung, Inionline.Id – Rampungnya Konstruksi pembangunan flyover atau perlintasan tidak sebidang di Jl. Laswi-Jl. Pelajar Pejuang dan Jl. Jakarta-Jl. Supratman, Kota Bandung, dipastikan sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Flyover yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp77,9 miliar dengan rincian flyover Jl. Laswi-Jl. Pelajar Pejuang mencapai Rp35,9 miliar sepanjang 520 meter melintasi Jl. Gatot Soebroto, sedangkan flyover Jl.Jakarta-Jl. Supratman sekitar Rp42 miliar dengan panjang 500 meter melintasi Jl. Ahmad Yani sehingga digadang-gadang akan menjadi salah satu icon di Kota Bandung.

“Flyover sudah dapat digunakan karena konstruksi sudah selesai. Yang akan dikerjakan tahun ini adalah menambahkan nilai estetika sehingga infrastruktur tersebut menjadi salah satu icon kota,” kata Koswara selaku Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar Koswara, Kamis (7/1/2021).

Lebih lanjut, Koswara mengatakan bahwa pembangunan flyover dilakukan di atas jaringan jalan provinsi. Tujuannya untuk meningkatkan konektivitas wilayah, aspek keamanan konstruksi, dan keselamatan.

Selain itu, kata Koswara, pembangunan dua perlintasan tidak sebidang tersebut untuk mengatasi kemacetan di perkotaan.

Menanggapi hal tersebut, anggota komisi IV DPRD Jawa Barat fraksi PAN, Supono memberikan sinyal positif terhadap rencana yang akan dijalankan oleh DBMPR Jawa Barat.

“Saya setuju, faktor estetika, kemudian juga heritage Jawa Barat itu harus bisa tergambar di dalam detail engineering serta arsitekturnya, karena itulah otomatis ini akan berdampak pada penyediaan anggaran yang mencukupi dan memadai,” tutur Supono Jum’at (08/01/2021).

Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar itu pun menambahkan bahwa jika rencana penataan estetika flyover tersebut secara konstruksi, estetika, dan aristektur lebih baik maka Supono menganggap tidak ada masalah.