Satgas Covid-19 Pastikan Ketersediaan Almatkes dan Vaksin di Daerah Sudah Tercukupi

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito memastikan ketersediaan alat material kesehatan (almatkes) di daerah tercukupi untuk penanganan pandemi dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Satgas bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan produsen dalam negeri untuk menyediakan almatkes.

“Saat ini kita tidak melihat adanya kekurangan,” kata Wiku dalam International Media Briefing yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/1).

Selain almatkes, Wiku memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di daerah tercukupi. Distribusi vaksin Covid-19 berjalan lancar, termasuk jaringan rantai dingin atau cold chain yang menjaga suhu vaksin selama pendistribusian.

Meski almatkes dan vaksin tercukupi, Wiku meminta masyarakat tetap menjaga keselamatannya dalam menghadapi pandemi Covid-19. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Di samping itu, pemerintah terus melakukan upaya 3T yaitu tracing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terhadap penderita Covid-19,” sambungnya.

Pemerintah, lanjut Wiku, telah menerapkan Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPMK) untuk Pulau Jawa dan Bali melalui instruksi Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021. PPMK ini merupakan upaya menekan laju penularan Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali.

“Pemerintah daerah yang masuk peta zona merah diinstruksikan untuk membatasi kegiatan masyarakat melalui peraturan daerahnya yang disesuaikan kebutuhan masing-masing daerah,” katanya.