PSSI Menyetujui Kualifikasi Piala Dunia 2022 Dipindahkan ke Bulan Juni

Olahraga257 views

Inionline.id – PSSI menyetujui ajakan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) yang ingin memindahkan sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ke bulan Juni 2021.

FAM sebelumnya telah menjalin komunikasi dengan empat peserta Grup G lainnya yakni; Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Inisiasi FAM ini berangkat dari FIFA/AFC yang masih mempertimbangkan apakah lanjutan Pra-Piala Dunia akan digelar Maret/Juni.

“Kami sudah memulai diskusi dengan Indonesia, Thailand, dan UEA. Saat ini masih berlangsung. Mungkin sudah ada keputusan pekan depan,” kata Sekjen FAM Stuart Ramalingam dikutip dari News Strait Times.

Untuk itu, FAM pun berdiskusi dengan empat peserta lainnya di Grup G. Upaya FAM membuahkan hasil sebagaimana ditulis News Strait Times pada, Minggu (24/1/2021).

“Betul kami memang ada komunikasi dengan Sekjen FAM Malaysia (Stuart Ramalingam) yang memohon dukungan lanjutan Kualifikasi (Piala Dunia) dialihkan ke Bulan Juni 2021 karena pandemi COVID-19,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Kami menyampaikan bahwa bila negara-negara peserta (mau) demikian adanya dan juga (mempertimbangkan) ada yang lockdown, maka PSSI menyetujui dan menghargainya,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Timnas Indonesia masih punya tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada jadwal, Timnas Indonesia akan bertandang ke Thailand pada 25 Maret, menjamu UEA pada 30 Maret, dan ke markas Vietnam pada 7 Juni.

Pasukan Garuda tersungkur di dasar klasemen Grup G tanpa meraih satu poin pun. Andritany Ardhiyasa cs kalah lima laga beruntun dengan kebobolan 16 kali dan cuma mencetak tiga gol.

Tiga laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini masih punya arti buat Timnas Indonesia meski peluang lolos ke Piala Dunia 2022 sudah sirna. Hasil tiga pertandingan nanti bisa memengaruhi rangking FIFA serta masih akan menentukan langkah Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.