by

Pemerintah Korsel Meminta Kapal Tanker yang Disita Iran Segera Dibebaskan

Inionline.id – Kapal tanker berbendera Korea Selatan disita otoritas perairan Iran di Oman. Pemerintah Korea Selatan pun meminta kepada Iran untuk membebaskan kapal tankernya.

Dilansir Reuters, Selasa (5/1/2021), sejumlah media Iran termasuk TV pemerintah menyebutkan alasan kapal tanker berbendera Korea Selatan itu ditangkap. Penangkapan itu dilakukan karena kapal tanker tersebut dianggap telah mencemari laut dengan bahan kimia.

“Menurut laporan awal oleh pejabat lokal, ini murni masalah teknis dan kapal dibawa ke pantai karena mencemari laut,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh.

Selain itu, awak kapal berbendera Korea Selatan itu juga turun diamankan. Awak kapal tersebut berasal dari sejumlah negara yakni orea Selatan, Indonesia, Vietnam dan Myanmar.

Peristiwa itu terjadi ketika Wakil Meneri Luar Negeri Korea Selatan hendak berkunjung ke Teheran. Menurut Khatibzadeh, kunjungan kerja itu dijadwalkan berlangsung beberapa hari ke depan. Pertemuan tersebut akan membahas sejumlah hubungan kerja sama kedua negara.