Pansus IX Dorong Sektor Ketahanan Pangan Untuk Tangani Covid-19

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Pansus IX DPRD Provinsi Jawa Barat meminta sektor ketahanan pangan menjadi prioritas dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2023 selama penanganan dan penanggulangan pandemi Covid 19. Hl tersebut merupakan salah satu usulan yang mencuat dalambpembahasan RPJMD bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, Kamis (7/1/2021).

Ketua Pansus IX DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe menyebutkan, prioritas dalam RPJMD harus mengedepankan kepentingan masyarakat Jawa Barat. Pasalnya, yang terdampak langsung dari pandemi Covid 19 adalah kalangan masyarakat menengah kebawah terutama dari sektor perekonomiannya.

“Ini yang perlu kita perhatikan, selain aspek upaya penanganan dari pemerintah daerah,” ujar Abdul Haris Bobiho saat memimpin rapat.

Hal serupa dikemukakan salah satu anggota Pansus IX DPRD, Hasim Adnan.

Menurut Hasim, khususnya di Jawa Barat kaya akan hasil alam berupa rempah-rempah maupun tanaman obat. Semestinya pemerintah daerah juga memaksinalkan sektor kekayaan alam tradisional dalam merencanakan RPJMD.

“Sejak dulu nenek moyang kita memiliki kemampuan dalam mengolah hasil bumi salah satunya yang dikenal dengan apotik hidup,” ucap Hasim.