by

Mengetahui Seberapa Banyak Idealnya Kamu Bisa Melakukan Push-Up

Inionline.id – Melakukan push-up merupakan salah satu bentuk olahraga paling mudah yang bisa kamu lakukan. Tidak membutuhkan peralatan tambahan atau tempat yang terlalu besar ketika kamu melakukan push-up.

Olahraga ini merupakan cara paling klasik dan populer yang bisa dilakukan untuk memperkuat otot tubuh bagian atas dan lengan. Olahraga ini bisa kamu lakukan pada waktu dan tempat yang sempit.

Ketika melakukan olahraga ini, terdapat bagian otot tubuh yang secara khusus terlibat langsung. Melakukannya bisa melatih otot lengan, dada, perut, serta bahu.

Baik pada pria maupun wanita, push-up merupakan olahraga standar yang bisa dilakukan untuk membentuk otot tubuh. Bahkan beberapa menjadikannya sebagai bentuk pemanasan sebelum olahraga lain yang melibatkan banyak gerakan.

Banyak variasi seseorang dalam melakukannya, termasuk dalam jumlah. Beberapa orang melakukannya secara ringan saja sekitar 10 hingga 20 kali namun beberapa bahkan bisa melakukan lebih dari 100 push-up dalam sehari.

Perbedaan jumlah yang muncul ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai jumlahnya yang ideal. Namun sesungguhnya, berapa jumlah push-up yang ideal dilakukan seseorang?

Push-up merupakan olahraga yang memiliki tingkat kesulitan tinggi walau kelihatan sangat mudah. Untuk mendapat bentuk dan manfaat push-up yang benar-benar tepat, kamu perlu terus berlatih dan membiasakan bentuk ideal milikmu.

Jumlah Push-Up yang Ideal

Ketika melakukan push-up, penting untuk melakukannya dalam jumlah yang bertahap dan tidak memaksa diri. Dilansir dari India Times, melakukan 50 hingga 100 push-up sehari bisa membantu untuk menjaga bentuk tubuh bagian atas terutama jika kamu melakukannya dengan tepat.

Untuk memulai push-up, sebaiknya awali dari sekitar 20 kali. Selanjutnya tingkatkan jumlah push-up yang kamu lakukan secara bertingkat hingga terbiasa.

Jika kamu tetap melakukan push-up sebanyak 20 kali selama 3 bulan, maka ototmu akan berhenti pada jumlah tersebut hingga berhenti berkembang. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan jumlahnya secara bertahap.

Idealnya kamu sebaiknya melakukan push-up sebanyak 3 set yang masing-masing terdiri dari 12 push-up setiap harinya. Hal ini bisa membuatmu memperoleh kekuatan pada ototmu.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Form atau bentuk dan posisi dalam melakukan push-up merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Bentuk yang tepat bisa membuatmu mendapat manfaat yang optimal dari push-up ini.

Cara yang tepat bisa membuat seluruh otot yang terlibat dalam tubuh mendapat manfaat optimal. Sedangkan bentuk push-up yang salah bisa menyebabkan masalah pada tubuhmu dan otot tak berkembang secara optimal.

Bentuk Push-Up yang Tepat

Bentuk atau form yang tepat sangat penting ketika melakukan push-up. Ketika melakukannya, pastika posisi punggung benar-benar lurus seperti ketika melakukan plank.

Ketika menurunkan tubuh, pastikan tulang belakang tetap lurus. Ketika punggung dan bahu melengkung, maka push-up yang kamu lakukan bakal tidak bermanfaat untuk menguatkan otot. Lebih lanjut, bentuk yang salah ini bisa meningkatkan risiko kamu mengalami cedera.