by

M Ichsan Ungkap Fakta Menarik Sekitar Bendungan Jatiluhur

Purwakarta, Inionline.Id – Anggota komisi IV DPRD Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mochamad Ichsan Maoluddin mengungkapkan fakta menarik ketika dirinya bersama komisi IV DPRD Jabar melakukan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas (KCD) ESDM Jawa Barat III, Purwakarta, Rabu (06/01/2021) .

Menurut laporan KCD III masih terdapat 20 desa di sekitar bendungan jatiluhur yang belum teraliri listrik. Hal ini dianggap miris oleh Ichsan sedangkan faktanya, Jawa Barat mampu menyuplai listrik hingga ke pulau Bali.

“Kita ingin memastikan betul, daerah-daerah yang terdekat dengan sumber energi listrik misalnya di bendungan Jatiluhur, padahal ada 20 desa kurang lebih yang mengajukan bagainana teralirkan listrik, itukan ironis, jadi masih ada desa-desa yang belum teralirkan energi listrik, itukan kebutuhan dasar,” kata Ichsan.

Lebih lanjut, Ichsan memaparkan bahwa KCD III ESDM Jabar ini karena cukup dekat dengan masyarakat yang belum teraliri sumber daya listrik akhirnya timbul rasa iba dari komisi IV DPRD Jabar hingga KCD III ESDM ini secara moril disupport oleh Ichsan dan rekan-rekannya.

“Sementara didepan mereka, sumber generator listrik yang bahkan Jawa Barat itu termasuk pemasok sumber listrik ke Bali lho, jadi sumber listrik itu di Jawa Barat tapi masih terdengar ada desa-desa di Jawa Barat yang belum teraliri listrik, itu sindiran kami jadi mitra kerja kita di Dinas ESDM harus bisa berdaya, mari kita berjuang bersama-sama,” ujar Ichsan.

Legislator Kabupaten Bogor ini pun menyayangkan karena Dinas ESDM luput mencatat faktor utama penyebab 20 desa di sekitar bendungan Jatiluhur itu belum teraliri listrik hingga tahun ini.

“Program Jabar Ca’ang itu secara merata harus bisa mengaliri listrik ke seluruh pelosok desa, catatan kami pastikan ketika nanti Komisi IV DPRD Jabar kunjungan lagi, desa-desa di Purwakarta yang berada di sekitaran bendungan Jatiluhur tidak ada lagi berita belum teralirkan listrik,” tutup Ichsan.