by

Kunjungi Dinkes Kota Bogor, Iwan Suryawan Dorong Perkuat Kebutuhan Nakes

Bogor, Inionline.id – Anggota komisi V DPRD provinsi Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Iwan Suryawan, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Kota Bogor, jalan Kesehatan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (13/01/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Iwan disambut langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno, MARS beserta Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Erna Nuraena.

Menurut mantan wakil ketua DPRD Kota Bogor tersebut, ditengah tingginya loud pekerjaan Dinkes Kota Bogor, tentunya harus diperkuat support untuk tenaga medis termasuk pengelola dan managementnya.

“Hal ini untuk memberikan kekuatan serta ketenangan mereka dalam menghadapi masalah yang semakin meningkat ini, karena menangani Covid-19 ini tidak bisa dipandan dari satu sisi masalah kesehatan tetapi dari sisi lain juga perlu penguatan,” ujar Iwan.

Selain itu menurutnya ketika berbicara Covid-19 juga maka pemerintah harus menyediakan fasilitas yang memadai, tenaga medisnya yang full power, serta mereka tenang dalam bekerja.

“Disisi lain, ada 1 sisi ditingkat hulu itu bermasalah yaitu preventif, promotif, edukasinya lemah maka semua bertumpu di kesehatan, di kuratifnya, hal ini tentunya dengan keterbatasan atau kemampuan di tenaga kesehatan akhirnya loudnya semakin tinggi dan itu perlu energi yang besar,” tutur Iwan.

Hal inilah yang meyakinkan Iwan bahwa tenaga medis sangat memerlukan sekali support agar merasa tenang dalam melayani pasien sehingga memberikan pelayanan yang prima.

“Tapi dukung juga dengan edukasi yang kuat kepada masyarakat hingga tidak semua mengalir kepada tindakan kuratif, ini yang perlu didorong dengan kebijakan dari pemerintah untuk memperkuat tenaga-tenaga kesehatan tersebut disemua lini,” pungkas Iwan.

Dengan semakin melonjaknya kasus Covid-19, Iwan menilai beberapa kebijakan yang ada sekarang termasuk vaksin perlu edukasi yang baik juga kepada masyarakat sehingga mereka paham dan mau mendukung program ini.