Keunggulan IP Cam atau Smart Cam Imou Dibandingkan CCTV Analog

Iptek257 views

Inionline.id – Sebagai kamera pengawas, ada perbedaan signifikan antara Closed-Circuit Television (CCTV) dan IP Cam (Internet Protocol Camera) atau Smart Cam atau WiFi Cam. CCTV yang mengandalkan sinyal analog dan IP Cam seperti Imou yang mengandalkan koneksi internet, memiliki tingkat ketajaman, analisis video hingga efisien berbeda.

Misalnya kualitas gambar, IP Camera jauh berkualitas dibandingkan CCTV analog biasa. Bahkan bisa dikatakan kualitas gambar terbaik CCTV pun masih kalah dengan kualitas IP Camera yang paling rendah. Dari segi analisis video, tidak seperti CCTV yang hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat, IP Camera mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisis video lebih mudah dilakukan.

Kemudian dari sisi efisiensi, IP Camera juga lebih efisien daripada CCTV analog. Anda akan menemukan banyak sekali perangkat keras dan kabel jika menggunakan CCTV analog. Belum lagi konfigurasi yang sulit antara DVR dan setiap kamera yang terhubung sekaligus dengan monitornya. Hal itu tidak terjadi di IP Camera. Anda hanya perlu menyetel switch, yang akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. Dengan begitu, IP Camera menjadi lebih simpel dan ringkas.

Keunggulan IP Cam ini membuatnya lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat-tempat lain secara smart. Apalagi dewasa ini banyak perumahan dibangun dengan konsep smart home, yang terkoneksi dengan internet dan teknologi mutakhir.

“IP Cam Imou punya field of view luas, zoom lebih besar, dan audio sudah full duplex. Ini tidak akan ditemukan di CCTV. Jadi ini cocok untuk keluarga yang memilki rumah dan mau memasang kamera pengawas pintar di rumah. Fleksibilitasnya antara lain bisa dikoneksi melalui berbagai device,” kata Siti Li, Regional Head of Imou South Pacific, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, sistem Imou mudah diatur dan dihubungkan dengan SmartHome. Menyediakan keamanan sepanjang waktu, sistem Imou menawarkan keandalan dan fitur yang profesional. Mudah ditambahkan ke sistem keamanan yang sudah ada, sistem Imou adalah pilihan yang cerdas. Ini seperti menambahkan penjaga keamanan 24 jam selama 7 hari untuk Anda.

Imou Cloud menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk melindungi privasi Anda, yang mana tidak ada orang lain yang dapat melihat data pribadi Anda. Memberi tahu Anda jika terjadi sesuatu, menyiapkan zona aktivitas Anda sendiri, dan mengaktifkan deteksi orang untuk menerima peringatan yang sangat penting.

Video disimpan di cloud. Semua video dapat dienkripsi dengan kata sandi yang disesuaikan untuk memberikan lapisan keamanan ekstra. Gunakan Echo Show atau Google Home untuk mengontrol kamera Imou yang mendukung Wi-Fi, cukup minta perangkat Anda untuk menampilkan kamera halaman belakang, kamera pintu depan, atau di mana pun Anda memasang kamera Imou.

Didukung Dahua Technology

Imou, kata Siti Li, memiliki ragam varian IP Cam berkualitas yang ditawarkan untuk beragam keperluan dan memungkinkan setiap orang menjalankan hidup secara nyaman dan aman. Karena didukung oleh Dahua Technology, produsen CCTV terbesar kedua di dunia.

Beberapa produk IP Cam Imou yang terlaris dan tersedia di pasar Indonesia, antara lain Outdoor Monitoring seperti New Bullet dan Bullet 2. Atau Indoor Monitoring, seperti Cue 2, Ranger 2, dan Ranger 2S.

Untuk bisa membedakan keunggulan IP Cam dibandingkan CCTV biasa, bisa dilihat dari kinerja IP Cam Imou tipe New Bullet dengan kualitas Full HD, 1080P, IP67 Waterproof serta fitur active deterrence canggih, yang tidak akan bisa diberikan CCTV biasa.

Imou New Bullet ini antara lain memberikan pemantauan langsung 2 MP, mendukung video kompresi H.265 terbaru yang dapat menghemat hingga 50 persen bandwidth dan penyimpanan. Dengan sertifikasi IP67, kamera dapat digunakan di luar ruangan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.

“IP Cam Imou New Bullet memiliki fitur pencegahan aktif, dengan lampu sorot internal dan suara sirene keamanan 110 dB menakuti orang asing yang tidak diinginkan sebelum memasuki rumah. Kemudian deteksi PIR mengurangi peringatan palsu. Ini tidak akan kita temui di CCTV biasa,” ucapnya.

Imou didirikan pada 2014, sebagai anak perusahaan Dahua Technology, perusahaan produsen CCTV terbesar kedua di dunia. Produk dan jasa Dahua sudah digunakan di 180 negara dan kawasan di dunia. Dahua dikenal luas sebagai perusahaan yang memiliki research and development terkemuka di dunia dalam bidang teknologi IoT.