Kemampuan Beradaptasi Menjadi Kunci Keberhasilan Sekolah di Masa Pandemi

Pendidikan057 views

Inionline.id – Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dinilai mampu beradaptasi di masa pandemi covid-19. Seluruh sekolah binaannya tetap bersemangat menjalankan kebiasaan baru.

“Hal ini terbukti, banyak guru, siswa, dan sekolah binaan meraih prestasi yang membanggakan, baik di tataran wilayah kecamatan, kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional untuk bidang akademik, non akademik, dan penghargaan sekolah adiwiyata,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 26 Januari 2021.

Herawati mengatakan prestasi guru, siswa, sekolah, dan para komite sekolah, itu menunjukkan keseriusan dalam rangka mewujudkan Pride of The Nation.

Di samping itu, Herawati menjelaskan selama 12 tahun berdiri, YPA-MDR telah memiliki 106 sekolah binaan tersebar di 16 kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, ada 1.509 guru binaan dan 23.819 siswa binaan.

“Terdapat 33 sekolah binaan yang sudah mencapai sekolah unggul dan 18 sekolah binaan berada dalam tahapan proses unggul. Sementara itu, dalam penilaian status sekolah terdapat 43 sekolah binaan yang terakreditasi A.” kata Herawati.

Herawati menyampaikan YPA-MDR membangun karakter dengan moto, melayani dengan hati. Moto tersebut mengusung nilai-nilai inti dalam core values CerDAS (cermat, dinamis, antusias, sinergis), menerapkan pola pembinaan terintegrasi enpat pilar program (akademik, karakter, kecakapan hidup, seni Budaya), dan konsep sekolah eskalator dalam pemenuhan wajib belajar 12 tahun.

Ada pula berbagai program unggulan dan strategis, seperti SCS (school collaboration system), matematika metode GASING, dan guru muda garda depan (GMGD). Kemudian, program-program ikonik yang melahirkan generasi pengusaha muda (UKM), seperti Kampung Pembatik Cilik, KEMUDI (komunitas enterpreneur muda independen), dan desa wisata budaya.