Jalur Darat Putus Akibat Gempa Majene, Gubernur Sulsel Mengirim Bantuan Via Laut

Antar Daerah057 views

Makassar, Inionline.id – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengirim bantuan sembako pascagempa bumi magnitudo (M) 6,2 di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Namun, karena akses jalan terputus, Nurdin mengirim bantuan melalui laut dengan kapal TNI AL.

“Danlantamal (Lantamal VI Makassar) tadi sudah saya koordinasi untuk mengirim armada karena jalanan akses darat terputus. Saya sudah kirim banyak sembako di kapal,” ujar Nurdin dalam keterangannya kepada wartawan di Makassar, Jumat (15/1/2021).

“Melihat apa kira-kira yang bisa kita dorong (bantuan),” tuturnya.Pagi ini Nurdin bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka dan Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam akan meninjau dari udara terkait kondisi terkini Sulbar.

Selain itu, Nurdin sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak di Makassar agar listrik dan jaringan komunikasi di Sulbar segera pulih pascagempa.

“Saya juga koordinasi dengan PLN untuk segera membenahi aliran listrik yang ada di sana. BPBD Sulsel sekarang lagi kita siapkan semua, makanya kita mau ke sana, kita akan mengecek apa kebutuhan yang mendesak yang kira-kira bisa kita support,” imbuhnya,

“Kejadian gempa bumi yang terjadi di Sulbar mudah-mudahan Pemerintah, Pak Gubernur Sulbar, dan seluruh jajaran di sana diberikan kekuatan untuk bisa menyelamatkan saudara-saudara kita semua,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,2 yang mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), membuat sejumlah bangunan dan fasilitas umum di wilayah tersebut rusak. Laporan terkini, akses jalan hingga puskesmas di Majene rusak.

“BPBD Majene menginformasikan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit puskesmas (RB), dan 1 kantor Danramil Malunda (RB),” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1).