Ini Pesan Wagub Emil Setelah 30 Ribu Nakes di Jatim Sudah Vaksinasi

Antar Daerah157 views

Surabaya, Inionline.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak telah menjalani vaksin dua kali. Ia mengimbau warga Jatim percaya bahwa vaksinasi aman.

“Warga Jatim monggo dilihat (vaksinasi), ini tenaga kesehatan juga sudah banyak divaksinasi, disetiap kabupaten kota juga sudah mulai vaksinasi, dan kita utamakan nakes dulu,” ujar Wagub Emil di Surabaya, Jumat (29/1/2021).

Emil menyatakan proses vaksinasi berjalan aman. Termasuk saat dirinya dua kali telah divaksin. Tidak ada dampak yang ekstrim yang dirasakan.

“Ngantukan beberapa hari (Usai divaksin), antibodi kita lagi ditempa, agak panas, saya pernah mendekati 37,8 derajat. Memang agak tinggi dari biasanya, tapi habis makan hilang. Jadi nggak tau itu antara demam atau lapar. Intinya yang penting suasana batin baik-baik saja,” terangnya.

Emil pun berpesan kepada warga Jatim bahwa vaksin aman.

“Nggak ada masalah, badan kita beradaptasi sedikit tapi tidak ada yang sampai mengganggu, kita tetap beraktivitas tetap produktif bahkan pasca vaksinasi. Suntikan pertama kemarin nggak kerasa. Tadi agak kerasa sedikit. Efeknya sekarang ya standar pegel-pegel ngilu, dan itu wajar. Saya sudah selesai 30 menit observasi, dan dianggap baik-baik saja,” imbuhnya.

Secara terpisah, Kadinkes Jatim, dr Ferlin Herliana menyatakan sudah ada 30.802 nakes (Termasuk pejabat percontohan) yang telah divaksin.

“Total sudah berjalan dua minggu ada 30.802 orang yang telah divaksin. Atau 16,45 persen dari target tahap pertama. Mayoritas tenaga kesehatan,” katanya.

Sebelumnya, ada 21 nama yang telah divaksin pertama di Jatim pada Kamis (14/1) lalu di Gedung Negara Grahadi. Pada hari ini, Kamis (28/1), ke-21 nama tersebut kembali menjalani vaksinasi yang kedua. Namun untuk lokasinya tidak di Grahadi, melainkan di teras kantor Pemprov Jatim.

Berikut 21 nama yang menjalani vaksinasi kedua pada Kamis (28/1) di Kantor Pemprov Jatim:

1. Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
2. Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak
3. Pangdam V Brawijaya Suharyanto.
4. Kajati Jatim Mohamad Dhofir
5. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono
6. Wakapolda Jatim Slamet Hadi Supraptoyo
7. Ketua IDI Jatim Sutrisno
8. Kabiddokes Polda Jatim Hisbullah Huda
9. Kepala BBPOM Surabaya Rustiawati
10. Dirut RSU dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi
11. Dekan FKM Unair Santi Martini
12. Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim I Made Puja Yasa
13. Ketua PPNI Jatim Nursalam
14. Ketua SPSI Ahmad Fauzi.
15. Anggota PGRI Teguh Sumarsono
16. Skak Corp (Influencer) Bayu Eko Muktito
17. Anggota IBI Jatim Wahyul Anis
18. Anggota Pemuda Hindu Jatim I Dewa Agung Wirya Guna
19. Anggota Pemuda Kristen Jatim Aurelia Teodosia HG
20. Ketua Ansor Jatim M Syafiq Syauqi
21. Influencer/Crazy Rich Surabaya Arrizal Liwafa (Tomli Wafa)