Ini 4 Masalah Kesehatan Akibat Makan Terburu-Buru dan Cara Mengatasinya

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kehidupan yang serba cepat merupakan salah satu hal yang tampak pada kehidupan masyarakat modern. Hal ini menyebabkan berbagai hal menjadi semakin cepat dalam kehidupan ini termasuk dalam makan.

Pada saat ini, kesibukan menyebabkan banyak orang menjadi lebih tergesa-gesa dan cepat ketika makan. Sayangnya, tanpa banyak disadari, hal ini ternyata bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa sesungguhnya otak memerlukan sejumlah waktu untuk memproses bagaimana tubuh mengonsumsi makanan. Setidaknya butuh waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk memproses sinyal ketika perut kenyang.

Kegagalan memroses sinyal ini bisa membuat seseorang makan berlebih, berat badan meningkat dan obesitas. Hal ini terjadi ketika otak kesulitan mengimbangi ketika seseorang makan dengan cepat sehingga akhirnya dia makan berlebih.

Obesitas

Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa orang yang biasa makan cepat cenderung memiliki risiko tiga kali lipat kelebihan berat badan. Penelitian lain juga menyebut bahwa mereka yang makan lebih cepat dibanding biasanya memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami obesitas.

Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi

Diabetes

Selain kegemukan, makan cepat juga dapat meningkatkan resistensi insulin yang berujung pada munculnya diabetes tipe 2 dan penyakit metabolisme. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang makan secara cepat memiliki potensi diabetes 2,5 kali lebih besar dibanding yang makan dengan perlahan.

Masalah Metabolisme

Beberapa orang juga diketahui mengalami masalah metabolisme. Hal ini diketahui berhubungan dengan meningkatnya risiko mengalami serangan jantung serta diabetes.

Masalah Pencernaan

Memburuknya pencernaan merupakan masalah lain yang dapat. Makan dengan cepat bisa berujung masalah pencernaan karena seseorang cenderung menyendok lebih banyak dan lebih sedikit mengunyah.

Cara Mengatasinya

Makan secara perlahan bisa meningkatkan kondisi pencernaanmu serta rasa dari makanan. Untuk bisa makan secara perlahan terdapat sejumlah hal ini yang bisa kamu lakukan:

– hindari mengonsumsi makanan ketika sedang di depan telepon
televisi dan perangkat lain;
– turunkan sendok setiap baru menyuap;
– minum banyak air;
– kunyah makanan lebih lama;
– pilih makanan kaya serat, serta
– lakukan suapan dalam jumlah kecil.