Ingin Berenergi di Pagi Hari, Ini Dia Menu Sarapannya

Berita857 views

Inionline.Id – Mengonsumsi menu sarapan sehat di pagi hari akan membuahkan banyak dampak baik untuk kesehatan.Belum terbiasa memulai hari tanpa sarapan? Coba ubah kebiasaan lama tersebut. Dengan sarapan, tubuh Anda akan menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi berbagai aktivitas sehari-hari.

Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol.

Jangan Asal Kenyang

Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat Anda setiap hari? Mungkin, beberapa orang beranggapan asupan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan berkarbohidrat seperti sereal yang rendah serat atau roti tawar putih, dan makanan lain yang mengenyangkan.

Namun, anggapan itu ternyata salah. Kedua jenis makanan tersebut merupakan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi karbohidrat olahan bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat.

Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti nasi coklat dan roti gandum utuh, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Selain karbohidrat, hiasi pula piring Anda dengan makanan yang mengandung protein, misalnya putih telur. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi hari dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba. Kemudian, tambahkan asupan serat di dalam menu sarapan sehat Anda.

Menu Sarapan Sehat yang dapat Anda Coba

Setidaknya, terdapat 8 pilihan menu sarapan sehat yang dapat Anda coba. Di antaranya:

  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang.
  • Telur dadar dicampur sayuran dan roti gandum utuh.
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum utuh.
  • Oatmeal dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  • Muesli dengan campuran kacang-kacangan, buah, dan biji-bijian, yang direndam dengan yogurt atau susu semalaman.
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  • Yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
  • Susu cokelat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, dan buah-buahan.
  • Jus buah dicampur yoghurt rendah lemak.