Indonesia-China Sepakat Membangun Rumah Sakit Internasional

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Pemerintah Indonesia dan China resmi menjalin kerja sama dalam proyek Two Countries Twin Park. Kedua negara ini akan membangun model baru industri, membentuk investasi yang efisien dan perdagangan dua arah.

“Saya juga berharap agar kerja sama ekonomi kita tidak berhenti dan dapat terus ditingkatkan,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (14/1).

Luhut mengatakan, Indonesia dan China akan membuka rumah sakit internasional. Nantinya kedua negara ini akan melakukan pertukaran dokter dan tenaga kesehatan.

Selain itu, akan ada kolaborasi riset dan teknologi antarnegara. Dalam hal ini, Luhut mengundang perguruan tinggi adal China untuk melakukan kerja sama riset di bidang herbal.

Saat ini, Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan area seluas 500 hektar di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Lahan ini akan difungsikan sebagai Pusat Herbal dan Hortikultura.

Lokasi ini dipilih karena memiliki potensi tanaman obat herbal yang besar. Setidaknya setiap tahun 40 persen penduduk Indonesia mengandalkan obat herbal untuk menjaga kesehatannya.

Tak hanya itu, lokasi tersebut juga akan didirikan area demo pertanian, kantor, tempat tinggal, guest house, laboratorium, dan ladang pengumpulan plasma nutfah. Lewat kerjasama ini diharapkan akan lebih banyak produk Indonesia yang masuk ke pasar China.

“Indonesia memiliki sumber daya yang kaya sehingga diharapkan Indonesia dapat memperluas pasar produknya di RRT, termasuk akses bagi produk sarang burung walet, perikanan, buah tropis, dan batu bara,” kata Luhut.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan di Prapatan, Sumatera Utara. Turut hadir Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi dan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Jerry Sambuaga. Lewat kerja sama ini, dua negara bersepakat memperkuat pertukaran kerja sama ekonomi dan perdagangan.