Flagship Dengan Pasar Berbeda, Pilih Mana Antara Xiaomi Mi 10 dan Mi 10T?

Iptek157 views

Inionline.id – Xiaomi beberapa waktu lalu merilis lini Mi 10T di pasar Tanah Air. Smartphone ini adalah salah satu varian flagship Xiaomi yang sebelumnya sudah dirilis deretan gadgetnya oleh Xiaomi.

Sebelum Mi 10T dan Mi 10T Pro, Xiaomi juga sebenarnya telah memperkenalkan Mi 10 terlebih dulu. Kedua seri ini juga sama-sama hadir dengan spesifikasi premium, salah satunya adalah menggunakan chipset Snapdragon 865.

Lantas, apa yang membedakan kedua seri ini? Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, baik Mi 10 dan Mi 10T sebenarnya menyasar pasar yang berbeda.

Alvin mengatakan, Mi 10 hadir sebagai perangkat flagship yang lebih komplit. Hal itu dapat dilihat tidak hanya dari spesifikasi, tapi juga desain yang diusungnya.

“Mi 10 masih lebih mutakhir dan juga super premium. Perangkat ini memiliki layar AMOLED dan juga empat kamera, ditambah desain lebih elegan. Jadi, perangkat ini merupakan all rounder premium flagship,” tuturnya saat konferensi pers virtual yang diikuti Tekno Liputan6.com.

Sementara untuk lini Mi 10T, Xiaomi fokus pada sejumlah aspek yang berhubungan dengan hiburan. Karenanya, perangkat ini dilabeli sebagai entertainment flagship.

“Di Mi 10T, kami fokus pada hal yang berkaitan dengan entertainment, mulai dari kebutuhan mengambil foto atau bermain gim. Makanya, kami menyebut perangkat ini sebagai entertainment flagship,” ujarnya menjelaskan.

Predikat itu memang diberikan bukannya tanpa alasan, sebab lini Mi 10T memiliki layar dengan refresh rate 144Hz. Dan khusus di Mi 10T Pro, kemampuan lensa utamanya mencapai 108MP.

Selain itu, smartphone ini sudah didukung speaker stereo dan sertifikasi Hi-Res Audio. Xiaomi juga membenamkan X-axis linear vibration motor untuk menawarkan pengalaman multimedia yang lebih imersif.

Harga dan Spesifikasi

Untuk Mi 10T Pro, Xiaomi membanderolnya dengan harga Rp 6.999.000, sedangkan Mi 10T dijual Rp 5.999.000.

Adapun spesifikasi lengkap Mi 10T Pro adalah smartphone ini memiliki layar berukuran 6,67 inci. Smartphone ini memiliki desain DotDisplay atau punch hole, dengan lubang yang difungsikan sebagai kamera depan beresolusi 20MP.

Dipersenjatai Snapdragon 865, perangkat ini memiliki RAM 8GB dan memori internal 256GB. Selain lensa utama 108MP, ada lensa ultrawide 13MP dan lensa makro 5MP.

Sementara untuk Mi 10T, spesifikasi yang diusung masih sama seperti Mi 10T Pro. Perbedaan utama terletak pada kamera utama yang hanya beresolusi 64MP, tapi dua kamera lain memiliki resolusi yang sama dengan Mi 10T Pro.

Perbedaan lain adalah perangkat ini hanya hadir dengan opsi memori 128GB. Meski lebih kecil, perangkat ini tetap menggunakan RAM 8GB.

Namun selain dua perbedaan itu, baik Mi 10T Pro dan Mi 10T sudah mendukung 5G, memiliki slot kartu SIM ganda, Wi-Fi 6, NFC, dan IR blaster. Keduanya juga sudah menjalankan MIUI 12 berbasis Android 10.

Hanya perlu diketahui, Xiaomi tidak menyertakan slot micro-SD di kedua perangkat ini. Karenanya, pengguna tidak memiliki opsi untuk menambahkan memori eksternal.