Bencana Alam Disejumlah Daerah Perempuan Bangsa Fokuskan Trauma Healing, Bantuan Perempuan dan Anak

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Perempuan Bangsa memberikan bantuan ke sejumlah daerah bencana Indonesia, yakni banjir bandang dan longsor di Bogor, gempa bumi di Sulawesi Barat, serta banjir di Kalimantan Selatan, Kabupaten Jember Jawa Timur, dan Manado. Bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing lokasi bencana, khususnya kebutuhan perempuan dan anak anak.

“Perempuan dan anak sangat rentan dalam kondisi bencana, terlebih lagi saat ini juga sedang berlangsung pandemi Covid-19, selain harus menyelamatkan diri dari bencana, pengungsi juga tetap harus menjaga protokol kesehatan, ujar ketua Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah, Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/1/2021).

Menurutnya, kebutuhan tiap daerah pengungsian berbeda beda, sehingga Perempuan Bangsa mengirimkan tim yang membantu dalam pemilihan trauma pasca bencana.

“Tujuan utama Perempuan Bangsa sebagai badan Otonom Partai PKB, kita mempunyai komitmen bahwa ketika masyarakat ada yang mengalami kondisi membutuhkan uluran tangan dan bantuan sosial maka kami berikhitiar untuk mengulurkan tangan membantu adalah program prioritas Perempuan dan Kebangkitan Bangsa, hari ini kami membantu korban bencana yang ada di Indonesia dimana ada lima Provinsi, kita melakuan program peduli bencana yang terjadi di Indonesia,” Ujar Siti Mukaromah.

“Karena kondisi pandemi dan beberapa titik yang jauh kita mengutus agar turun langsung kepada pasukan Perempuan Bangsa di tingkat Provinsi dan Kabupaten, tetap kami membantu secara finance dan barang-barang dari jakarta bersama-sama dengan teman-teman dan Provinsi lainya, karena pandemi kita tidak bisa turun langsung ke semua titik maka dari itu kita prioritaskan hadir sacara fisik di Bogor,” Ujar Siti Mukaromah.

Konsep disini dilakukan untuk lebih peduli kepada perempuan dan anak, dengan harapan teratasi semua dan tertolong semua termasuk psikologis perempuan dan anak anak, karena mereka secara psikologis sangat terpengaruh, sehingga trauma berkepanjangan. maka dari itu oraginasi Perempuan Bangsa hadir untuk membantu mereka.

Bantuan yang di berikan fokus membawa kebutuhan Sembako, kebutuhan perempuan, urusan dapur dan membantu kebutuhan anak, jajanan yang sehat seperti susu dan makanan sehat, selanjutkan akan di identifkasi lebih lanjut kebutuhan yang di butuhkan.

“Dalam konsep Trauma Healing ini kita ingin juga berbagi untuk membantu kepada perempuan yang terkadang sering gampang panik dan gampang merasa trauma, kita ingin mengajak mereka agar cara mengatasi semua dengan rasa tenang, mereka harus dikuatkan secara fisik dan psikologis”, ujar Siti Mukaromah.