6 Tips Memilih Ukuran Jeans yang Sesuai, Perhatikan Langkahnya

Inionline.id – Celana jeans telah menjadi tren dan gaya hidup yang tak akan pernah lepas dari banyak orang dalam kegiatan sehari-harinya. Celana jeans seakan telah menjadi kebutuhan pokok untuk pakaian kita sehari-harinya.

Dengan memakai jeans, kita bisa memadukan apa saja pakaian yang kita miliki, baik itu acara formal ataupun non formal. Jeans seakan telah melekat pada tren pakaian baik itu usia anak-anak, remaja, hingga dewasa sekalipun.

Jeans telah dikenal sebagai bahan pakaian yang tahan lama, tak lekang zaman, serta perawatan yang mudah. Hal itu sebabnya, jeans telah digandrungi banyak orang.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa memilih celana jeans yang sesuai juga perlu kita lakukan agar nantinya celana jeans yang kita pilih tak salah ukuran. Tips memilih celana jeans yang sesuai dengan ukuran badan kita memang sangat perlu dilakukan.

Dilansir dari Brightside, berikut ini merdeka.com telah rangkum 6 tips memilih ukuran jeans yang sesuai.

1. Ukuran
Jika mencoba jeans yang agak sempit untuk Anda, jangan langsung lepas. Masalahnya, jeans merenggang dan seiring waktu, dan mereka akan menjadi lebih besar sekitar setengah ukuran. Bagian pinggang dan punggung atas akan meregang, di sinilah ketegangan terbesar berada. Jika Anda mencoba jeans yang agak longgar, bentuknya akan segera hilang dan tidak akan terlihat bagus.

Bagaimana cara membedakan jeans yang sempurna dari yang terlalu kecil? Duduklah di kursi di ruang pas: jika jeans membuat Anda sulit bernapas dan bergerak, ukurannya terlalu kecil. Jika terlalu ketat tetapi Anda bisa mengatasinya, ini adalah ukuran yang sempurna.

2. Kain
Tips memilih ukuran jeans yang sesuai dapat dilihat dari kain pembuatnya. Pada denim yang bagus, Anda bisa melihat jalinan benang garis diagonal. Bagian luar jeans harus lebih gelap daripada bagian dalamnya. Masalahnya, pada denim, hanya benang yang terlihat di luar yang diwarnai, inilah mengapa denim lebih ringan di bagian dalam.

3. Bagian Logam
Tips memilih ukuran jeans yang sesuai juga perlu dilihat dari bagian logamnya. Ritsleting, kancing, dan elemen lainnya harus terbuat dari  logam (tembaga, aluminium, nikel, atau kuningan). Bagian logam lebih tahan lama dan bagus untuk denim.

Pastikan potongan logam dibuat dengan baik, tidak ada cacat, dan ritsleting menahan dengan baik saat dipasang. Jika tidak, Anda mungkin mengalami beberapa situasi yang memalukan di masa depan.

4. Lingkaran Sabuk
Biasanya, dalam sebuah celana jeans terdapat ada 5 loop sabuk agar penopang dari sabuk tersebut optimal. Beberapa jeans juga biasanya menambahkan 2 loop lagi ke model mereka.
Jika ada kurang dari 5 ikat pinggang, lebih baik tidak membeli model ini: ikat pinggang tidak akan cukup ketat sehingga tidak nyaman atau terlihat bagus. Loop harus sejajar satu sama lain dan dibuat dengan baik.

5. Ukuran Kantong
Tips memilih ukuran jeans yang sesuai juga dapat dilihat dari ukuran kantongnya. Kantong belakang harus  proporsional dengan ukuran pinggul atau akan merusak tampilan tubuh.

Jika Anda memiliki pinggul yang agak besar, jangan membeli jeans dengan saku kecil, karena pinggul Anda akan terlihat lebih besar. Dan anak perempuan dengan pinggul lebih kecil tidak membutuhkan saku besar – karena mereka akan membuat pinggul tampak lebih kecil.

6. Jarak Antar Kantong
Tips memilih ukuran jeans yang sesuai berikutnya adalah dengan memerhatikan jarak antar kantong. Jika jarak antara kantong belakang terlalu lebar, maka pinggul akan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Dan jika jaraknya kecil, pinggul akan terlihat lebih kecil. Anda dapat menggunakan trik ini untuk mengubah tampilan tubuh Anda. Jika Anda tidak perlu menggunakan ilusi ini, pilih model dengan jarak sedang antara saku belakang.