Waspadai Gelombang Laut Hingga 5 Meter di Perairan Selatan Yogya

Antar Daerah457 views

Yogyakarta, Inionline.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini akan diguyur hujan. BMKG juga memberikan peringatan dini potensi gelombang tinggi di pantai selatan Yogyakarta.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Sleman, Kulon Progo selatan, Bantul selatan dan Gunungkidul selatan serta potensi gelombang tinggi di perairan selatan Yogyakarta,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Kamis (10/12/2020).

BMKG memaparkan kondisi cuaca wilayah DIY pada pagi hari dominan berawan. Sedangkan cuaca DIY pada siang hingga sore hari ada potensi hujan sedang di Sleman bagian utara dan timur, Kulon Progo bagian utara dan selatan, Kota Yogyakarta.

Sementara cuaca DIY pada malam hari menurut BMKG ada potensi hujan sedang di Kulon Progo bagian selatan. Kemudian cuaca dini hari potensi hujan ringan-sedang di Kulon Progo bagian selatan, Bantul bagian selatan, Gunungkidul bagian selatan.

BMKG memaparkan suhu udara DIY berkisar antara 23-32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 65-95 persen. Angin bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan maksimum 40 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di Perairan Selatan Yogyakarta berkisar antara 3,0-5,0 meter (kategori sangat tinggi). Prakiraan cuaca ini berlaku 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.