Supono Tingkatkan Rasa Persatuan Masyarakat Lewat Kisah Berdirinya Republik Indonesia

Politik157 views

Bogor, Inionline.Id – Berbagai macam cara dilakukan oleh anggota DPRD Jawa Barat dalam meningkatkan rasa persatuan dan cinta tanah air. Salah satunya dilakukan oleh Supono selaku anggota komisi IV DPRD Jawa Barat fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) saat menggelar sosialisasi 4 pilar, pada Selasa (01/12/2020), di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Legislator asal Kabupaten Bogor tersebut benar-benar mengingatkan agar masyarakat menumbuhkan rasa cinta tanah air agar menciptakan rasa aman dan nyaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Waktu itu pimpinan Masyumi, Pak Natsir, itu menggalang kekuatan, dia membuat 1 proposal yang dikenal dalam sejarah sebagai mosi integral bapak Muhammad Natsir. kemudian disampaikan ke berbagai pihak dan semua partai menerima, jadi semua yang ada di parlemen menerima maka pak Natsir berkeliling Indonesia dan akan merubah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Supono.

Setelah istilah NKRI dikenal lewat mosi integral ciptaan M Natsir, maka Republik Indonesia Serikat dibubarkan lalu pada tanggal 17 Agustus 1950 di deklarasikanlah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi deklarasi kemerdekaan Indonesia itu sebenarnya dua kali, satu adalah proklamasi di pegangsaan timur nomor 56, lalu yang kedua adalah deklarasi tahun 1950 tentang NKRI dengan pencetusnya M Natsir dari Partai Masyumi,” terang Supono.

Lebih lanjut, Supono memastikan bahwa ketika perjuangan kemerdekaan, para politisi muslimlah yang paling banyak berjasa bagi kemerdekaan NKRI.

“Saya punya kewajiban moral bagi generasi muda sekarang bahwa ini adalah sejarah yang sebenarnya, umat islam pemberi saham terbesar kepada republik ini bahkan jauh sebelum mosi integral,” tutup Supono.