Pelaku Usaha Terdampak Covid Siap Menyambut Kehadiran Vaksin

Ekonomi057 views

Inionline.id – Pemerintah saat ini sudah memberi isyarat tentang kehadiran vaksin Covid-19 secara bertahap, dimulai pada akhir tahun. Hal ini tak urung memberi harap kepada para pelaku dunia usaha.

Terlebih, menurut data Kementerian Kesehatan, ITAGI, dan UNICEF, sekitar 64,8 persen masyarakat Indonesia mengetahui pentingnya vaksin dan menerimanya dengan baik.

Namun, tak sedikit pengusaha yang meminta pemerintah untuk kembali meninjau kewajiban yang dibebankan, yakni menyediakan anggaran untuk vaksinasi mandiri. Pasalnya, banyak perusahaan mengalami penurunan omzet sampai keterpurukan kondisi finansial akibat pandemi Covid-19.

“Karena bagaimanapun juga, kita pada kondisi yang terdampak cukup berat pada situasi seperti ini,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani.

Hariyadi menyatakan, pihaknya menyambut positif kehadiran vaksin Covid-19. Ia optimis, jika vaksin mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi, hal itu diyakini membawa perubahan yang baik dari kondisi sekarang.

Optimisme serupa disampaikan oleh Rosan Roeslani, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dalam webinar KPCKEN bertema ‘Kesiapan Infrastruktur Data Vaksinasi Covid-19 pada Selasa (1/12). Ia mengungkapkan, vaksinasi merupakan jawaban untuk kembali menggairahkan roda perekonomian nasional.

“Tentunya harapan dengan adanya vaksin ini akan menimbulkan rasa aman, rasa percaya dan mengurangi ketidakpastian, sehingga akan membantu orang mulai spending dan mengaktifkan kembali roda perekonomian,” kata Rosan.