Nadiem Meminta Pelajar Vokasi Tak Lupakan Pengembangan Soft Skill

Pendidikan157 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta pelajar pendidikan vokasi tidak hanya fokus mengasah hard skill seperti penggunaan alat maupun teknologi. Soft skill juga perlu diasah pelajar pendidikan vokasi.

“Juga jangan lupa yang sama pentingnya adalah soft skill yaitu kemampuan kita berkolaborasi kemampuan kreativitas dan kemampuan bernalar kritis dan problem solving yang dibutuhkan di dalam tenaga kerja kita,” kata Nadiem dalam Webinar ‘Siapkan SDM, Hadapi Profesi Baru di Masa Depan’, Selasa, 8 Desember 2020.

Menurutnya, fatal ketika para pelajar tidak mampu menyeimbangkan hard skill dan soft skill. Itu kenapa, program Merdeka Belajar yang dicetuskan fokus mengembangkan dua jenis kemampuan tadi.

“Melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar Kemendikbud mentransformasi sistem pendidikan kita agar lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan-perubahan di masa depan,” ungkapnya.

Jika tidak ada fleksibilitas dalam sistem pendidikan, kata Nadiem, maka para pelajar akan sulit beradaptasi. Menurutnya, masa depan akan banyak mengalami perubahan, dan di situlah hard skill dan soft skill semakin dibutuhkan.

“Ketika kita tidak adaptif memasuki dunia yang memasuki banyak perubahan, anak-anak kita pun tidak akan adaptif, dan bisa saja tenggelam di dalam semua perubahan yang terjadi,” ungkapnya.