Mumtaz Rais Menyebut Yuni Astuti akan Gantikan Hanafi Rais di DPR

Politik357 views

Inionline.id – Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Mumtaz Rais menyebut partai berlambang matahari ini akan segera melakukan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap anggota DPR Hanafi Rais. PAW terhadap Hanafi Rais akan dilakukan pada Januari 2020.

“Segera akan kita proses setelah tahun baru. Pokoknya secepatnya setelah nanti tahun baru kantor DPR sudah buka, ya langsung kita proses, Januari ini,” ujar Mumtaz di Muswil V PAN DIY, Rabu (30/12).

Mumtaz menerangkan bahwa calon pengganti kakaknya di DPR adalah peraih suara nomor 2 di Dapil DIY yaitu Yuni Astuti.

“Insya Allah yang akan menggantikan posisi mas Hanafi Rais yaitu suara terbanyak kedua dari dapil DIY Bu Yuni Astuti. Kira-kira begitu,” kata Mumtaz.

Terpisah, Plt Ketua DPW PAN DIY Ahmad Yohan memastikan PAW Hanafi Rais akan dilakukan di Januari mendatang.

“Insya Allah dalam waktu dekat, tidak lama lagi, mudah-mudahan di bulan Januari ini proses PAW sudah bisa dilaksanakan. Untuk penggantinya bu Yuni Astuti,” ungkap Yohan.

Yohan menuturkan Hanafi Rais memang sudah mengundurkan diri dari DPR. Selain itu, putra sulung Amin Rais ini juga telah mengundurkan diri dari PAN.

Yohan menambahkan bahwa kekosongan jabatan yang ditinggalkan Hanafi Rais ini memang harus segera diisi. Hal ini berkaitan dengan pertanggungjawaban kepada konstituen PAN di DIY.

“Setahu saya mas Hanafi secara tegas sudah mengundurkan diri dari PAN dan DPR sehingga kewajiban partai politik tidak mungkin jabatannya dibiarkan kosong karena menyangkut pertanggungjawaban kepada konsituen yang telah memilih mempercayakan PAN 1 kursi di DIY. Sehingga kami berharap ini segera diproses PAWnya agar ada wakil rakyat dari DIY” urai Yohan.