Kenali Bahaya yang Mungkin Muncul Jika Kamu Menggunakan Celana Jeans Bekali-Kali

Kesehatan257 views

Inionline.id – Salah satu hal yang sering menjadi perhatian bagi banyak orang adalah mengenai apakah jarang mencuci pakaian atau celana jeans bisa menimbulkan masalah kesehatan. Pasalnya, seringkali banyak orang menggunakan celana jeans selama beberapa hari tanpa menggantinya.

Jarang mencuci celana jeans dan menggunakannya terus menerus memang terdengar seperti hal yang sangat jorok. Walau begitu, sesungguhnya tidak ada bahaya yang dapat kamu peroleh dari hal ini.

Dilansir dari Men’s Health, Dr. Steve Xu, M.D. dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menyebut bahwa risiko seseorang mengalami infeksi bakteri karena hal ini sangat rendah.

“Kulit merupakan pelindung yang sangat baik terhadap infeksi,” terangnya.

Hal ini berarti bahwa kamu tak usah terlalu cemas jika tidak sering mencuci celana jeans. Namun tentu saja ada dampak lain yang mungkin muncul dari kebiasaan jorok ini.

Dr. Adrienne Haughton, M.D., direktur dermatologi klinis dan kosmetik dari Stony Brook Medicine menyebut bahwa kamu memiliki kemungkinan mengalami rasa gatal atau infeksi jamur pada bagian selangkangan.

“Banyak pria bakal memiliki kutu air,” terangnya.

Jika kamu tidak menggunakan kaos kaki sebelum memasang celana dalam, jamur ini bisa berpindah pada area selangkanganmu dan kemudian pada celana jeansmu. Ketika celanamu tidak dicuci, jamur ini bakal terus berkembang.

“Berjalan dan bergerak secara biasa saja bisa membuat jamur ini terus berkembang,” jelasnya.

Seseorang yang memiliki ruam, luka terbuka, atau bahkan kulit kering cenderung lebih mudah mengalami infeksi bakteri. Lebih umum lagi, kandungan minyak di celana bisa menyebabkan jerawat atau bahkan bisul.

Secara khusus, Haughton menyebut bahwa tak ada pedoman kesehatan mengenai seberapa sering baju harus dicuci. Agar bisa digunakan secara lebih lama, sebaiknya celana digantung secara terbalik.