Ini Pentingnya Mendengarkan Musik Saat Bekerja Menurut Penelitian

Inionline.id – Hobi mendengarkan musik saat bekerja? Beberapa orang mungkin menganggap kebiasaan ini bisa mengurangi konsentrasi dalam mengerjakan tugas di kantor. Tetapi kalau Anda termasuk orang yang melakukannya, jangan hentikan hobi tersebut.

Sejumlah penelitian menunjukkan kalau menjalankan pekerjaan sembari mendengarkan musik justru menghasilkan banyak manfaat. Mari kita bahas selengkapnya.

Bisa Meningkatkan Kreativitas

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendengar musik saat bekerja mampu meningkatkan kreativitas otak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology. Penelitian tersebut mencoba mencari tahu efek berbeda mendengarkan berbagai jenis musik dalam hal menyelesaikan masalah secara kreatif.

Merangsang Otak untuk Bekerja Lebih Cepat

Penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di dalam jurnal PLOS ONE juga menemukan bukti bahwa mendengarkan musik ceria dapat menstimulasi kinerja otak lebih cepat. Juga dapat membantu orang menunjukkan performa lebih baik saat bekerja. Musik ceria di sini diartikan sebagai irama yang menghentak dan menimbulkan semangat positif.

Mengatasi Kecemasan dan Mencegah Stres

Tak hanya itu, mendengarkan musik ternyata juga bisa menurunkan kecemasan, melepaskan stres dan memperbaiki suasana hati yang buruk. Tak sedikit pula orang yang justru bisa lebih konsentrasi bekerja ketika mendengarkan musik.

Jadi, ternyata mendengarkan musik saat bekerja justru membuat karyawan lebih produktif serta sehat secara mental.