Harapan Supono Terhadap Pembangunan Jawa Barat 2021

Berita157 views

Bandung, Inionline.Id – Pandemi Covid-19 yang menghantam dunia tak luput masuk ke Indonesia hingga meluluh lantakan roda kehidupan termasuk proses pembangunan di Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat (Jabar) bagian selatan merupakan salah satu wilayah yang menjadi fokus pembangunan demi pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jabar. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan, wilayah itu memiliki banyak potensi ekonomi dan alam yang sedang dikembangkan lewat beberapa program.

“Beberapa program yang sedang dalam proses pelaksanaan, yakni pembangunan jalan tol, jalur kereta api Bandung-Banjar, penanganan UNESCO Global Geopark Pelabuhan Ratu, penataan pariwisata, pengembangan industri kecil menengah (IKM), korporasi berbasis petani digital, dan inisiasi monogram desa,” ujar Suharso aat memimpin Kunjungan Kerja bersama Gugus Tugas Kementerian PPN/Bappenas untuk Mempercepat Pembangunan Jawa Barat selatan, pada 23–28 Oktober 2020.

Saat ini, di Jabar bagian selatan, terdapat beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang juga sedang dalam tahap pembangunan. Proyek-proyek infrastruktur itu merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.

Menanggapi perihal pembangunan di Jawa Barat, anggota komisi IV DPRD Jawa Barat, Supono pun memiliki harapan tersendiri di tahun 2021 yang tinggal menghitung hari saja.

Menurut politisi PAN tersebut yang paling pertama adalah agar pandemi Covid-19 segera selesai dan hilang dari Indonesia.

“Kemudian kita bisa merecovery kembali program kegiatan dan juga pembangunan Jawa Barat yang lebih baik lagi, kalau sekarang kita semua prihatin, indikator melemah tidak seperti yang diharapkan , tapi kalau nanti ini semua pulih kita harapkan juga kita duduk bersama untuk mengevaluasi dan melihat potensi-potensi yang ada,” ujar Supono pada Rabu (09/12/2020).

Menurutnya Jawa Barat merupakan miniatur Indonesia dimana semua potensi untuk menjadi provinsi yang maju dan hebat itu semua ada di Jawa Barat.

“Persoalannya adalah managerial dan kepemimpinan yang ada, managerial dan kepemimpinan dimana mantap dan bagus maka inshaAllah semua masalah di Jawa Barat bisa teratasi,” pungkas Supono.