FIFA Award 2020: Lewandowski Pemain Terbaik, Mengalahkan Ronaldo dan Messi

Inionline.id – Robert Lewandowski dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA tahun ini. Ia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lewandowski menjadi aktor utama keberhasilan Bayern Munich meraih gelar Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions musim lalu, di mana ia menyumbangkan 55 gol dan 10 assist dalam 47 laga.

Ketajamannya di depan gawang berlanjut di musim ini, di mana ia sudah menyumbangkan 18 gol dan 5 assist dalam 17 laga sejauh ini. Koleksi trofi Bayern juga bertambah dua lagi, yakni Piala Super Jerman dan Piala Super Eropa.

Hasil itu membuatnya berhasil menyabet banyak dukungan dari para perwakilan pelatih, perwakilan pemain, dan jurnalis. Setelah dirata-ratakan, Lewandowski meraih nilai akhir 52, unggul dari Ronaldo (38) dan Messi (35).

“Memenangi penghargaan ini, yang juga pernah dimenangi oleh Messi dan Ronaldo, benar-benar sulit dipercaya dan begitu berarti untuk saya,” ujar Lewandowski, dikutip Sky Sports.

“Saya amat bangga dan senang. Ini hari yang luar untuk saya, Bayern, dan rekan setim,” sambung striker asal Polandia itu.

Sementara itu, peraih gelar pelatih terbaik jatuh kepada Juergen Klopp. Keberhasilannya membawa Liverpool juara Liga Inggris setelah 30 tahun lamanya membuat pria asal Jerman itu berhasil mengalahkan Hansi Flick (Bayern Munich) dan Marcelo Bielsa (Leeds United).

 

Son Heung-min juga mendapat gelar dalam anugerah tahun ini. Penyerang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan ini memenangi gelar Puskas Award (gol terbaik) berkat gol yang dicetak ke gawang Burnley di Liga Inggris pada 7 Desember 2019.

Pada kategori kiper terbaik, Manuel Neuer keluar sebagai pemenang. Kiper Bayern Munich itu mengalahkan Alisson (Liverpool) dan Jan Oblak (Atletico Madrid).

Di kategori wanita, ada Lucy Bronze (Manchester City) yang menjadi pemain terbaik. Peraih gelar kiper terbaik jatuh ke tangan Sarah Bouhaddi (Lyon), dan pelatih terbaik menjadi milik Sarina Wiegman (Timnas Belanda).