Erick Thohir Yakin Tahun Depan Laju Ekonomi Tembus 5 Persen

Ekonomi057 views

Inionline.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis pertumbuhan ekonomi bisa naik hingga 5 persen pada 2021.

“Kita ingin kembali ekonomi kita bergairah di 2021 dan kita yakini dengan data IDB (Islamic Development Bank) dan ADB (Asian Development Bank), kita akan tumbuh 5 persen-an,” katanya, dikutip dari Youtube SHOPEE Indonesia, Sabtu (12/12).

Hal tersebut ia ungkap ketika tengah menjelaskan soal pelaksanaan vaksinasi yang rencananya dilakukan tahun depan. Untuk itu, ia menekankan agar vaksinasi dijalankan dengan baik.

“Momentum ini yang harus kita tunggangi,” tambahnya.

Keyakinan akan pertumbuhan ekonomi juga diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Ia meyakini ekonomi akan bangkit setelah vaksinasi rampung.

“Kalau itu (vaksinasi) terjadi maka kegiatan ekonomi akan terus meningkat. Kalau ramalan dari institusi-institusi terkenal di dunia, semua melihat Indonesia tempat yang sangat bagus untuk mereka investasi,” ujar Luhut dalam kesempatan yang sama.

Luhut juga mengklaim banyak negara asing yang menilai kinerja Indonesia dalam menangani covid-19 baik. Baik dari mulai pandemi, pemberian stimulus ekonomi, hingga pelaksanaan vaksinasi.

Tak ayal, ia memiliki harapan yang baik bahwa ekonomi akan kembali tumbuh. Hanya saja, ia menekankan agar upaya ini dikejar bersama-sama, baik dari kalangan masyarakat hingga pemerintah.

Bawa UMKM ke Mekkah

Erick terus mendorong penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai salah satu upaya menggenjot kembali ekonomi. Pendekatan yang sedang digodok pihaknya adalah mendorong UMKM mampu bersaing di kancah internasional, salah satunya ke Timur Tengah.

“Alhamdulillah kemarin disambut baik ketika kita ingin bangun rumah Indonesia di Indonesia. Kita tahu banyak (peserta) umrah, haji kita hampir 2 juta ke Mekkah,” tuturnya.

Melalui proyek pembangunan rumah tersebut, ia akan turut membawa produksi UMKM Indonesia ke Mekkah.