DPR Meminta Skema Vaksin Covid-19 Diubah: 70% Gratis, 30% Mandiri

Politik157 views

Inionline.id – Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay mengatakan, DPR dalam rapat dengan Kementerian Kesehatan telah mendorong agar vaksin Covid-19 digratiskan. Sebab, skema yang disiapkan saat ini dimana 70 persen vaksin mandiri dan 30 persen dibiayai pemerintah dinilai belum berimbang.

“Karena itu dalam rapat kemaren kita mendorong pemerintah sebetulnya lebih bagus vaksin ini digratiskan,” kata Saleh kepada wartawan, Rabu (15/12).

Jika pemerintah tidak bisa menggratiskan vaksin, Saleh mengusulkan, skema pemberian vaksin diubah. Pemerintah diminta memberikan 70 persen vaksin gratis kepada masyarakat.

Saleh mengatakan, skema yang kini disiapkan pemerintah belum final. Dia berharap, internal pemerintah mengkaji kembali.

“Kalau pun misalnya tidak digratiskan, kita berharap bahwa vaksin itu nanti di balik 30 dan 70. 70 Untuk yang gratis dan kemudian 30 untuk yang mandiri. Kalau itu masih masuk lah,” kata politikus PAN ini.

Tak Ada yang Mau Vaksin

Apabila vaksin tidak ramah biaya, dikhawatirkan masyarakat tidak akan mau mengikuti vaksinasi. Apalagi masih banyak masyarakat yang tidak mau untuk divaksin. Belum lagi masyarakat yang dari kemampuan ekonomi tidak mampu untuk membayar vaksin.

Saleh mengatakan, keberhasilan vaksinasi menurut pakar epidemiologi harus 70 persen dari total populasi. Dengan pemerintah meringankan biaya vaksin diharapkan target itu bisa tercapai.

“Minimal orang termotivasi untuk ikut. Kalau dia dibebani lagi harus bayar ya agak repotkan,” imbuhnya.