Bertahun-tahun Tidak Punya Dapur, Iwan Suryawan Ajak Masyarakat Bantu Bu Iis

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Kolaborasi tampaknya menjadi prinsip utama anggota komisi V DPRD Jawa Barat fraksi PKS, Iwan Suryawan dalam membantu salah satu warga Kelurahan Ciwaringin, Kota Bogor bernama bu Iis yang sudah bertahun-tahun tidak memiliki dapur yang layak untuk menghidupi keluarganya.

Yadi Mulyadi selaku Ketua RT 04, Kelurahan Ciwaringin menjelaskan bahwa kondisi rumah bu Iis sangat memprihatinkan.

“Posisi dapur berada diluar rumah jadi kalau hujan tidak bisa masak, memasaknya masih pakai tungku dari batu ditumpuk, saya bersama warga disini rembukan bagaimana caranya bu Iis punya dapur,” ungkap Yadi.

Proses pembangunan rumah Bu Iis warga Kelurahan Ciwaringin oleh Ciwarangers Desember 2020.

Setelah itu Yadi melaporkan hal tersebut kepada Iwan Suryawan, kemudian mantan wakil ketua DPRD Bogor tersebut merespon dengan menyumbang material bangunan dapur sedangkan tenaga pembangunan dilakukan oleh kelompok pemuda Ciwaringin yang lebih dikenal dengan sebutan Ciwarangers.

“Karena posisi rumah bu Iis ini di pinggir sungai yang artinya masuk wilayah DAS sehingga tidak bisa mendapatkan program bantuan RTLH,” tutur Yadi.

Selain itu, Yadi pun berharap agar advokasi Iwan Suryawan bisa memasukan program turap pinggiran sungai sepanjang 8 meter dengan tinggi 6 meter.

Iwan Suryawan menegaskan bahwa aksi ini merupakan bentuk nyata kolaborasi dalam melihat kondisi di lingkungan.

“Menutupi kebutuhan warga jika sendiri akan terasa sulit, tetapi ketika kita berkolaborasi dengan RT setempat juga dengan pemudanya kemampuan kita yang terbatas itu justru mampu memberikan manfaat,” imbuh Iwan pada Selasa (08/12/2020).

Dirinya berharap, aksi ini bisa menjadi pola support kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi kepada pihak yang membutuhkan.